Lu Wan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lu Wan (256 SM - 194 SM) merupakan seorang jenderal militer yang bekerja di bawah Liu Bang (kemudian Kaisar Gaozu dari Han).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lu berasal dari Fengyi, Kabupaten Pei (yang sekarang Kabupaten Feng, Jiangsu). Ia adalah teman semasa kecil Liu Bang dan mereka belajar di sekolah yang sama di kampung halaman mereka. Selain itu, mereka juga memiliki tanggal ulang tahun yang sama. Ketika Liu melancarkan pemberontakan melawan Dinasti Qin, Lu menemaninya di dalam kampanye-kampanyenya melawan pasukan Qin. Setelah Qin jatuh pada tahun 206 SM, Liu menjadi "Raja Han" ketika Xiang Yu memecahkan bekas kerajaan Qin ke dalam Delapan Belas Kerajaan. Lu mengikuti Liu ke tempat alokasinya di Bashu (yang sekarang Sichuan) dan ditunjuk oleh Liu sebagai jenderal.

Selama pertarungan Chu–Han (pertikaian kekuasaan antara Liu Bang dan Xiang Yu), Lu dipromosikan ke ranking marsekal dan diberikan gelar "Marquis dari Chang'an" oleh Liu. Karena hubungan dekatnya dengan Liu, ia menerima banyak hadiah dan penghargaan dari Liu dan diperkenankan untuk masuk ke dalam kamar tidur Liu. Pada tahun 202 SM, Liu mendapatkan kemenangan atas Xiang Yu dan menjadi Kaisar Gaozu Dinasti Han. Kemudian pada tahun itu, Zang Tu (Raja Yan) memberontak melawan Gaozu, tetapi pemberontakannya diredakan dua bulan kemudian. Gaozu kemudian ditunjuk Lu sebagai Raja Yan untuk menggantikan Zang.

Pada tahun 196 SM, hubungan antara Lu dan Gaozu memburuk ke arah dimana Gaozu mencurigainya merencanakan pemberontakan terhadapnya. Tahun berikutnya, Gaozu memerintahkan Fan Kuai (kemudian digantikan oleh Zhou Bo) untuk memimpin pasukan menyerang Lu. Sementara itu, Lu mendengar bahwa Gaozu sakit dan pergi ke Chang'an, berharap untuk mendapat pengampunan ketika Gaozu sembuh, tetapi Gaozu wafat sebulan kemudian. Lu membawa keluarga dan pengikutnya bersamanya dan melarikan diri untuk bergabung dengan Xiongnu. Ia ditunjuk sebagai "Raja Lu dari Donghu" (東胡廬王) oleh kepala suku Xiongnu. Ia wafat setahun kemudian di usianya yang ke-63.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Zang Tu
Raja Yan
202 SM – 195 SM
Diteruskan oleh:
Tidak Diketahui