Lu Ban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Lu Ban di Weifang

Lu Ban (Hanzi Sederhana: 鲁班; Hanzi Tradisional: 魯班; pinyin: Lǔ Bān; Wade–Giles: Lu Pan) (507 - 440 SM) adalah orang China yang merupakan seorang tukang kayu, insinyur, filsuf, penemu, ahli militer, negarawan, dan kontemporer yang berasal dari Mozi, lahir di Negara Lu,[1] dan merupakan santo pelindung dari pembangunan Cina dan kontraktor. Beliau dilahirkan dalam keluarga terkenal selama Periode Musim Semi dan Gugur ketika negara Cina sedang dalam masa susah akibat kekacauan dari sebuah perang sipil antar kerajaan. Nama aslinya adalah Gongshu Yizhi (China:公輸依智). Beliau juga dikenal sebagai Gongshu Ban (公輸班), Kungshu Pen (公輸般) dan Kungshu Pun (公輸盘). Tetapi beliau lebih dikenal sebagai Lu Ban.

Lu Ban juga terkenal karena prestasinya setelah menaklukan Negara Chu.

Menurut tradisi, dia bertanggung jawab untuk beberapa penemuan seperti yang tercatat pada Mozi bab 49 dan 50:

  • Tangga awan - tangga pengimbang untuk pengepungan gesit.[2]
  • Jepitan kait dan pemukul - perahu pengimplementasi yang digunakan pada saat perang angkatan laut.[3]
  • Pesawat layang yang terbuat dari kayu - Pesawat layang yang terbuat dari kayu tanpa tenaga mesin. Dapat melayang di udara selama tiga hari, dan terkait dengan pembuatan layangan kuno.[4]

Masih ada juga penemuan yang amat berkontribusi lainnya, seperti alat untuk penguburan,[5] kereta kayu yang memakai tenaga kuda dan kusir,[6] dan beberapa penemuan berbahan kayu lainnya yang dapat dilihat dari berbagai teks yang pada masa selanjutnya membuat Lu Ban dikenal sebagai seorang empu:

  • Kitab Garis Keturunan (世本), ditulis pada sekitar abad ke-3 SM.
  • Kisah yang Menakjubkan (述 异 记), ditulis pada sekitar abad ke-5 oleh Ren Fang.
  • Dokumen Asli Warisan dan Negeri (事物 纪 原), ditulis pada sekitar abad 11 oleh Gao Cheng.
  • Asal-Usul Penemuan (物 原), ditulis pada sekitar abad 15 oleh Luo Qi.
  • Risalah Lu Ban (鲁班 经), sebuah teks dikaitkan dengan Lu Ban ditulis antara abad 13-15.

Sejak 1987, “Penghargaan Lu Ban” juga dianugerahkan sebagai penghargaan tertinggi bidang konstruksi di China. Sebuah monumen didirikan untuk mengenangnya di Kota Weifang (Dikenal sebagai kota layang-layang), berupa patung Lu Ban setinggi 7.8 meter.[7]

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Lu Ban adalah orang jujur, waktu kecil hidup tidak bahagia. Dia pintar dan cekatan, terampil dalam menciptakan sesuatu. Ketika dia bekerja membuat pagoda Budha, di kota lain, dia membuat sebuah pesawat layang dari kayu. Kemudian dia mencoba naik pesawat kayu tersebut dan terbang. Akhirnya, dia pun bisa sering-sering pulang kampung dengan naik pesawat kayu tersebut. Namun tidak ada orang yang tahu tentang hal tersebut. Hingga suatu saat, keluarganya mengetahui bahwa istri Lu Ban hamil. Padahal, Lu Ban sedang bekerja dalam waktu lama di luar kota. Setelah didesak oleh mertuanya yang merasa curiga, maka istrinya menceritakan bahwa Lu Ban sering pulang dengan menggunakan pesawat layang kayu tersebut. Ketika perang meletus, Lu Ban juga pernah membuat pesawat layang, dan mengunakannya untuk menyelidiki keadaan militer Negara Song. Selain pesawat layang kayu, dia juga menciptakan layang-layang, payung, gergaji, jembatan, dll.[7]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menurut sebuah kutipan dari Youyang Zazu Volume ke-24 yang dibuat pada abad ke-7, berasal dari Dunhuang.
  2. ^ 公输盘为楚造云梯之械,成,将以攻宋。(Terjemahan Mei: Gongshu Ban telah menyelesaikan pembangunan tangga awan untuk Negara Chu yang bakal menyerang Negara Song) Mozi Bab 50, Para. 1.
  3. ^ 公输子自鲁南游楚,焉始为舟战之器,作为钩强之备,退者钩之,进者强之,量其钩强之长,而制为之兵。楚之兵节,越之兵不节,楚人因此若埶,亟败越人。(Terjemahan Mei: Gongshuzi datang ke selatan dari Negara Lu ke Negara Chu, dan mulai membuat alat untuk perlengkapan perang angkatan laut yang terdiri dari jepitan kait dan pemukul. Ketika musuh itu mundur mereka menggunakan kait. Dan ketika musuh itu maju mereka dipekerjakan untuk memukul. Dan senjata dibuat sesuai dengan panjang dari kait dan pemukul. Senjata Negara Chu semua distandarisasi, dan Negara Yue tidak. Dan, dengan kelebihan ini, orang-orang Chu dapat mengalahkan orang Yue.) from Mozi Bab 49, Para. 20.
  4. ^ 公输子削竹木以为鵲,成而飞之,三日不下。(Terjemahan Mei: Pesawat layang/burung yang dibuat dari bambu dan kayu. Ketika selesai ia menerbangkannya. Benda ini dapat melayang [di udara] selama tiga hari.) Mozi Bab 49, Para. 21.
  5. ^ Liji Bab 4.
  6. ^ Lunheng Bab 85, oleh Wang Chong (b. 27).
  7. ^ a b Pesawat Terbang Zaman Tiongkok Kuno

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]