Love Honor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Love Honor
GenreRomantis
Manga
PengarangDaisy Yamada
PenerbitJepang Kodansha
Indonesia Elex Media Komputindo
MajalahNakayoshi
DemografiShojo
TerbitJepang 6 Agustus 2008
Indonesia 8 Agustus 2010
 Portal anime dan manga

Love Honor (Jepang: ギリコイ; Girikoi) adalah sebuah manga romantis karya Daisy Yamada. Manga ini diterbitkan di Jepang pada tahun 2008 oleh Kodansha setelah diserialisasi dalam majalah Nakayoshi (April—November 2008), kemudian diterbitkan dalam bentuk tankobon oleh Kodansha sebanyak 2 jilid. Manga ini menceritakan cinta segitiga antara murid SMP bernama Mao, Riku, dan Miu.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Love Honor berkisah tentang Mao Tominaga, seorang gadis yang baru saja masuk SMP. Suatu ketika, Mao menolong Riku Matsuda, yang saat itu sedang disukai oleh tiga orang senior di sekolahnya. Ternyata Riku satu kelas dengannya. Riku berkata bahwa Mao adalah pangeran, sebab Mao telah menolongnya. Berkat Riku, Mao mulai mendapatkan teman dan mulai menyukai dunia barunya. Mao pun jatuh cinta pada Riku, tetapi cintanya berakhir dengan patah hati, sebab dia melihat Riku bersama dengan seorang gadis bernama Miu Takahashi saat Festival Sakura. Meski begitu, dengan cepat Mao jatuh cinta lagi pada Riku.

Riku memberi sebuah tiket ke taman hiburan kepada Mao. Miu yang mengetahui hal itu memaksa Mao untuk memberikan tiketnya. Karena takut bila Riku merasa kecewa, dia pun membatalkan rencananya. Pada hari saat dia seharusnya pergi bersama Riku, ibunya mengajaknya jalan-jalan. Mao pun teringat akan janji ke taman hiburan bersama Riku. Dia pun pergi, dan melihat Riku masih menunggunya. Karena tidak ada tiket, mereka masuk melalui jalan lain. Setelah itu, Riku mendapat kabar bahwa Miu menghilang. Mao pun memaksanya untuk pergi mencari Miu, tapi Riku justru mengalami kecelakaan. Mao kaget, dan menyalahkan dirinya sebagai penyebab kecelakaan yang dialami Riku. Salah satu kaki Riku terluka sehingga Riku tidak bisa bermain bola lagi.

Agar Riku cepat sembuh, Mao dan teman-temannya membuat seribu bangau kertas. Kemudian, Miu berkata bahwa dia akan tinggal bersama ibunya. Ia pun menyuruh Mao menemani Riku. Beberapa hari setelah itu, Riku menyatakan perasaannya pada Mao.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Mao Tominaga: Tokoh utama dalam cerita ini. Lahir tanggal 25 Juli. Bintang Leo, tinggi 156 cm, berat 42 kg, golongan darah B. Hobi joging. Warna kesukaan turquoise. Menyukai Riku.
  • Riku Matsuda: Menyukai Mao, dan berteman dengan Miu sejak kecil. Ibunya meninggal 6 tahun yang lalu. Lahir tanggal 16 Mei. Bintang Taurus, tinggi 160 cm, berat 48 kg. Hobi bermain sepak bola. Warna kesukaan hitam dan merah.
  • Miu Takahashi: Berteman dengan Riku, dan sempat tinggal dengannya. Di akhir cerita, dia memutuskan tinggal bersama ibunya. Lahir tanggal 29 Maret. Bintang Aries, tinggi 143 cm, berat 32 kg, golongan darah A. Hobi membuat kue. Warna kesukaan pink.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Love Honor diterbitkan oleh Kodansha sebanyak 2 jilid:

  1. Volume 1, terbit 6 Agustus 2008, ISBN 978-4-06-364195-0
  2. Volume 2, terbit 6 Februari 2009, ISBN 978-4-06-364211-7

Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]