Love, Stargirl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Love, Stargirl
Penulis Jerry Spinelli
Negara Amerika Serikat
Bahasa English, Indonesia
Genre Novel remaja
Penerbit Knopf Books (Amerika), Gramedia Pustaka Utama (Indonesia)
Tanggal terbit 14 Agustus 2007 (Amerika), Agustus 2010 (Indonesia)
Halaman 296 halaman
ISBN 978-979-22-6034-2
Seri sebelumnya Stargirl

Love, Stargirl adalah novel remaja karya Jerry Spinelli.

Buku ini adalah kelanjutan dari Stargirl yang merupakan buku terbaik versi New York Times, dan berpusat pada "surat terpanjang di dunia" dalam bentuk buku harian. Mengambil tempat dari novel sebelumnya setelah Stargirl meninggalkan SMU Mica dan menggambarkan kenangan pahitnya di Mica, Arizona, beserta keterlibatan orang-orang baru dalam hidupnya, di Phoenixville, Pennsylvania.[1] Ini buku pertama Spinelli setelah tujuh tahun.

Plot utama[sunting | sunting sumber]

Stargirl yang sekarang tinggal di Pennsylvania, menceritakan kisahnya sendiri kali ini,, dalam "surat terpanjang di dunia," yang sebenarnya adalah serangkaian jurnal. Orang baru di kota, sekolah di rumah, dan merasakan penolakan Leo, narator 16 tahun di buku pertama yang jatuh cinta padanya, dia kesepian dan sedih -- "gerobak kebahagiaan," miliknya tempat dia menyimpan kerikil-kerikil yang mewakili tingkat kebahagiaannyahampir kosong. Teman baik Stargirl bernama Dootsie, bocah 6 tahun yang cerewet tapi menyenangkan, memberi cahaya untuk Stargirl dan tikus peliharaannya.

Dootsie memperkenalkannya pada Betty Lou, seorang wanita tua yang merupakan agoraphobia (takut keluar rumah). Dia cukup baik hati dan Stargirl pun jadi temannya juga.

Saat musim gugur tiba, Kehidupan Stargirl dipengaruhi saat dia mendatangi Bukit Menawan miliknya untuk menanam spatula lain pada kalender mataharinya, sebuah kalender untuk menghitung hari sampai Titik Balik Matahari Musim Dingin. Alvina, gadis remaja pemarah yang mengirimkan donat pada Betty Lou; Perry, remaja laki-laki yang ditaksir Stargirldan haremnya: The Honeybees. Dia juga mendapat telepon dari Betty Lou. Setelah Stargirl pulih, dia kembali ke Bukit Menawan untuk menanam spatula lagi, hanya untuk mendapati Perry sudah menanamnya tanpa kehadiran Stargirl. Perry dan Stargirl berciuman saat matahari terbit, mengakhiri kebingungan Stargirl tentang perasaannya antara Leo dan Perry, tapi membuatnya menghadapi kenyataan hidup dalam ketidakpastian.

Saat musim dingin, Stargirl merencanakan Pesta Titik Balik Matahari Musim Dingin versinya sendiri, mengundang semua orang yang dia kenal di kota tempat tinggalnya yang baru untuk merayakan awal musim dingin dengan bergabung dengannya saat matahari terbit di Bukit Menawan, yang sekarang dia sebut Bukit Kalender. Stargirl juga mengetahui kebenaran soal Perry. Perry sangat misterius dan tertutup soal keluarga dan kehidupan pribadinya. Stargirl tahu ibunya Perry baru melahirkan seorang bayi, dan Perry mencoba membantu dengan mengerjakan beberapa tugas musim panas lalu, beralih ke "mencuri" untuk mengurangi beban ibunya memberi makan adiknya. Pada akhirnya, Stargirl khawatir tidak ada yang akan datang ke pestanya, tapi diyakinkan Archie (mantan gurunya dan sahabatnya dari Arizona), yang datang untuk menghadiri perayaan dan membuat Stargirl merasa tenang dengan kebijaksanannya

Pagi hari di Titik Balik Matahari Musim Dingin, Stargirl kewalahan dan terkejut ketika kerumunan besar teman-teman dan kenalannya, beserta orang-orang lain yang tidak dia kenal, berbondong-bondong ke Bukit Kalender, termasuk Betty Lou, temannya yang belum pernah meninggalkan rumah selama sembilan tahun. Keajaiban matahari terbit semakin dahsyat dengan tenda yang telah didirikan orangtuanya, yang memungkinkan sinar matahari memancar masuk lewat lubang di tenda, membentuk garis tunggal yang menembus kerumunan orang sampai dinding belakang. Semua orang jadi dipengaruhi oleh awal hari yang baru ini, dan pulang ke rumah untuk mengawali musim dingin.

Pada akhirnya, Stargirl bertanya pada Archie tentang apa yang harus dia lakukan ketika merindukan Leo, dan juga tentang Perry. Archie memberitahu Stargirl untuk mengingat siapa dirinya sebenarnya, dan menyarankan gadis itu melakukan apa kata hatinya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Susan "Stargirl" Caraway seorang remaja unik yang tidak punya batasan soal pakaian apa yang dia kenakan, dan kelakuan berbeda dari orang lain. Dia akan pergi ke ujung dunia untuk mencapai kebahagiaan, bukan untuk dirinya sendiri, melainkan untuk orang lain. Dia melakukan hal-hal unik, seperti melempar koin di trotoar, mulai berkebun, bermeditasi, berteman dengan gadis kecil, dan mengantar susu bersama ayahnya yang merupakan seorang pengantar susu. Teman baiknya adalah Dootsie, gadis 5 tahun yang selalu bersemangat dan juga tidak punya batasan dalam hal apapun. Cowok yang ditaksirnya bernama Perry Deloplane, yang meskipun sudah ia kirimi pesan, berbuat terlalu jauh dengan mengajak Stargirl bersama pacarnya. Bagaimanapun, di buku ini dia memperjuangkan perasaannya, mencoba mengerti apa yang dia rasakan, dan mempersembahkan hatinya untuk Perry dan Leo
  • Perry Delloplane adalah remaja seumuran dengan Stargirl. Dia terlihat seperti anak bandel, memberitahu orang-orang bahwa dia ikut perkemahan padahal sebenarnya dia tinggal bersama bibinya. Ibunya hamil, dan ketika adik perempuannya lahir, dia memperlihatkan kepedulian yang mengejutkan, sisi baiknya, dan sifat protektif yang ekstrim. Dia punya harem, anggota klub pengagum terbuka. Dia tidak merasa malu kalau mencium "harem"-nya di depan umum, sering di depan anggota "harem" yang tidak keberatan, dan mengencani mereka, tapi tidak pernah serius. Dia menyayangi Dootsie seperti adiknya sendiri. Dia suka bercanda dengan Dootsie, dan Dootsie juga menyayanginya, bahkan bergabung menjadi "harem"-nya.
  • Dootsie Pringle adalah gadis 6 tahun yang selalu bersemangat, segera menjadi teman Stargirl setelah melihatnya bermeditasi di atas meja. Doostie ramah, dan suka mengobrol pada siapapun yang dia temui. Dia pencari-peratian, sering kabur atau pura-pura menghilang karena mengira itu akan menarik perhatian, melihat sebagaimana orang-orang pura-pura tidak melihatnya. Sia juga berteman dengan Betty Lou Fern, orang tua pengidap agoraphobia yang jadi tetangganya, terutama karena Betty Lou menghadiahi Dootsie dengan suguhan dan donat buatan sendiri.
  • Leo Borlock adalah mantan pacar Stargirl dari Mica, Arizona. Sepanjang novel ini, Stargirl menulis surat terpanjang di dunia untuk Leo, mendokumentasikan hari-harinya dan petualangannya bersama teman-teman barunya, serta kesulitannya di kota yang baru. Leo membuat Stargirl patah hati, tapi Stargirl masih mencintainya, hanya menentukan pilihan antara Leo dan Perry ketika dia berciuman dengan Perry di Titik Balik Matahari Musim Dingin-nya, tapi kemudian Stargirl mengatakan bahwa dia dan Perry tidak cocok. Leo disebutkan berkali-kali dalam buku.
  • Betty Lou Fern adalah seorang pengidap agoraphobic berusia setengah-baya, tetangga Stargirl dan Dootsie. Dia tidak pernah meninggalkan rumah, Stargirl dan Dootsie mengunjunginya hampir setiap hari. Betty Lou menyuguhi mereka dengan makanan enak, seperti Donat Margie. Betty Lou punya kelemahan pada mockingbird dan bunga-bunga, tapi menyerah pada kecantikan mereka saat ketakutannya jadi makin buruk. Betty Lou selalu memberikan nasehat bagus untuk Stargirl seputar dilema asmaranya, dan nyaris menggantikan posisi Archie. Dia punya suami yang disebutnya "Tuan Hidung Kentang."
  • Alvina seorang remaja dalam masa transformasi antara sifat tomboy-nya dan boneka-bonekanya. Dia cenderung memiliki sikap konfrontatif, sering berpura-pura mengabaikan ocehan/nasehat Stargirl, tapi mendengarkan dan menurutinya pada akhirnya. Dia mengirimkan donat-donat untuk Betty Lou, bahkan setelah dia dipecat dari Margie's. Alvina juga terlihat agak naksir dengan Perry Delloplane, dan cowok pirang di sekolahnya.
  • Margie adalah pemilik toko donat di kota tempat Stargirl pindah. Donat-donatnya terkenal di kota itu. Dia juga terkenal karena resep donat-donatnya yang tidak biasa, seperti pai donat dan sup donat. Dia juga sangat cerewet, bicara pada siapapun yang datang ke tokonya, khususnya pada Stargirl.
  • Charlie adalah seorang laki-laki tua yang duduk di pemakaman setiap hari, mengunjungi makam istrinya, merasa harus mendengarkan dan bicara dengannya. Stargirl pertama kali mendekatinya dengan meninggalkan donat untuk pria itu, yang mencoba mengambil beberapa, kemudian Stargirl juga mengajak Dootsie. Perbuatan ini membuat mereka jadi teman, Dootsie dan Stargirl sering mengunjungi mereka, Stargirl sering menanyakan soal Grace, istrinya, dan soal Charlie sendiri.
  • The Huffelmeyers adalah pasangan tua yang dikirimi susu oleh ayah Stargirl. Stargirl mengakui mereka punya selera klasik.
  • The Honeybees adalah kelompok gadis-gadis yang menyukai Perry Delloplane. (Termasuk anak laki-laki bernama Arnold. Dia mengembalikan tikus Stargirl dan tikusnya berteman dengan tikus Stargirl. Dia dan ibunya datang ke pesta Stargirl.)

External links[sunting | sunting sumber]

References[sunting | sunting sumber]