Louis XVII dari Prancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Louis XVII dari Perancis)
Louis XVII
Raja Prancis dan Navarre
Louis pada tahun 1792, dilukis oleh Alexander Kucharsky
Berkuasa21 Januari 1793 – 8 Juni 1795 (klaim)
PendahuluLouis XVI
PenerusNapoleon I de facto tahun 1804
Louis XVIII de jure tahun 1814
WangsaDinasti Bourbon
Nama lengkap
Louis Charles de France
AyahLouis XVI dari Prancis
IbuMarie Antoinette

Louis XVII dari Prancis (27 Maret 1785 – 8 Juni 1795) adalah putra Raja Louis XVI dari Prancis dan Marie Antoinette, tetapi tidak pernah benar-benar menjadi Raja Prancis.

Setelah kematian kakaknya Louis Joseph, Louis muda menjadi Dauphin (Calon pewaris tahta). Pada masa Revolusi Prancis, Pangeran Louis dipenjarakan bersama dengan orang tuanya. Sebagai putra tertua yang masih hidup, dia dinyatakan sebagai Raja Prancis pada 28 Januari 1793 oleh pamannya Louis Stanislas, yang sendiri dalam pengasingan di Hamm, dekat Dortmund, Jerman. Pernyataan tersebut tidak mempunyai kekuasaan karena Prancis saat itu merupakan sebuah republik. Tetapi saat Napoleon Bonaparte diturunkan sebagai kaisar. Prancis dan Eropa menerima Louis Stanislas sebagai Louis XVIII dari Prancis pada tahun 1815, pemberian angkanya menunjukkan diakuinya hak-hak Louis XVII.

Saat keluarga kerajaan dipenjarakan, Louis XVII dipisahkan dari ibunya dan saudara-saudaranya pada musim panas tahun 1793 untuk menghindarkan upaya pembebasan yang dilakukan pendukung kerajaan. Dia meninggal sendirian pada Juni 1795 di penjaranya. Secara resmi dia dilaporkan meninggal akibat penyakit yang kini dikenal sebagai tuberkulosa. Sesuai tradisi kerajaan, jantungnya dikeluarkan oleh dokter dan diawetkan dalam alkohol. Tubuhnya dikuburkan dalam pemakaman umum.

Setelah kematiannya, ada yang mengatakan bahwa tubuh tersebut bukan Louis XVII, sehingga banyak yang mengklaim bahwa mereka adalah Louis XVII.

Jantungnya kini dikuburkan di Basilika Saint-Denis, di luar Paris.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sumber primer

Material lain

Jabatan politik
Didahului oleh:
Louis XVI
Raja Prancis
(klaim)

1792-1795
Diteruskan oleh:
Napoléon I
(sebagai Kaisar)