Luigi Vittorio, Pangeran Carignano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Luigi Vittorio
Pangeran Carignano
Pasangan Christine dari Hesse-Rotenburg
Anak
Vittorio Amedeo II, Pangeran Carignano
Leopoldina, Putri Melfi
Gabrielle, Putri Lobkowicz
Marie Louise, Putri Lamballe
Caterina, Putri Paliano
Eugenio Ilarione
Nama lengkap
Luigi Vittorio di Savoia
Ayah Vittorio Amedeo I, Pangeran Carignano
Ibu Maria Vittoria dari Savoia
Lahir 25 September 1721
Hôtel de Soissons, Paris, Perancis
Meninggal 16 Desember 1778 (umur 57)
Palazzo Carignano, Torino, Italia

Luigi Vittorio dari Savoia (lahir 25 September 1721 – meninggal 16 Desember 1778 pada umur 57 tahun) adalah seorang bangsawan Italia utara dan Pangeran Carignano dari tahun 1741 sampai kematiannya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Luigi Vittorio dilahirkan di Hôtel de Soissons[1], Paris dari Vittorio Amedeo I, Pangeran Carignano dan istrinya Maria Vittoria dari Savoia. Ayahnya adalah cucu Tommaso Francesco dan dengan demikian ia adalah keturunan Carlo Emanuele I, Adipati Savoia dan Catalina Micaela dari Spanyol. Ia adalah keturunan ganda dari pasangan yang kemudian karena ibundanya adalah anak haram Vittorio Amedeo II dari Sardinia dan gundiknya Jeanne Baptiste d'Albert.

Satu dari lima orang anak, ia adalah putra kedua orangtuanya; kakandanya Joseph Vittorio Amedeo meninggal tahun 1716 pada usia lima bulan. Luigi Vittorio kemudian menjadi ahli waris Wangsa Savoia-Carignano dari lahir. Kakak perempuannya Anne Thérèse menikah dengan seorang pria berkebangsaan Perancis yang bernama Charles de Rohan dan ia merupakan Putri Soubise melalui pernikahannya. Anne Thérèse adalah ibunda Victoire dari Rohan, pengasuh anak-anak Marie Antoinette dan Louis XVI dari Perancis.

Luigi Vittorio tumbuh di Paris, ayahandanya adalah seorang penjudi berat. Terlilit banyak hutang, dan dituntut oleh saudari-saudarinya yang mas kawinnya dipertaruhkan di meja judi, ia melarikan diri ke Perancis dimana ia tinggal di dalam kemewahan yang membuat putranya terpaksa menjual keuntungan besar yang ia pinjami dari negara itu. Ia kemudian pindah ke Piemonte, antara Torino dan Racconigi, dimana ayahandanya akan membina hubungan-hubungan dengan keluarga-keluarga Eropa yang paling hebat, seperti Bourbon, Wangsa Rohan dan Wangsa Lorraine di Perancis, Lobkowicz di Bohemia, dan Colonna dan Doria Pamphili di Italia. Banyak dari putri-putrinya yang menikah ke dalam keluarga-keluarga tersebut di masa mendatang.

Pada tanggal 4 Mei 1740 Luigi Vittorio menikahi Landgravine Christine dari Hesse-Rotenburg; ia adalah Putri Hessen-Rheinfels-Rotenburg dan adalah saudari dari istri calon Raja Polyxena dari Hesse-Rotenburg (1706–1736). Pasangan tersebut memiliki delapan orang anak.

Anak mereka yang paling terkenal adalah Putri Maria Teresa Louisa dari Savoia, yang lebih dikenal sebagai Putri Lamballe dan sahabat karib Marie Antoinette.

Maria Teresa menikah pada tahun 1767 dengan Louis Alexandre, Pangeran Lamballe, ahli waris dari salah satu hartawan yang terbesar diera tersebut dan cucu dari Louis XIV dan Nyonya Montespan. Menjanda tahun berikutnya, putri Luigi Vittorio diberikan sebuah keuntungan besar dengan membuatnya menjadi seorang wanita yang sangat kaya dengan haknya sendiri.

Pada tahun 1741, ia kehilanganan ayahandanya dan kemudian menjadi Pangeran Carignano. Wilayah feodal Carignano yang telah menjadi milik keluarga Savoia sejak tahun 1418, dan kenyataan bahwa wilayah tersebut adalah bagian dari Piemonte, hanya 20 km Torino bagian selatan, yang berarti bahwa wilayah tersebut dapat menjadi wilayah "kepangeranan" untuk Tommaso atas nama saja, tidak diberkahi dengan kebebasan atau pendapatan substansi.[2]

Luigi Vittorio kehilangan istrinya pada bulan September, 1778. Luigi Vittorio meninggal pada tanggal 16 Desember 1778 di Palazzo Carignano, rumah kediaman wangsa Savoia-Carignano. Sejak tahun 1835 makam istrinya berada di Basilica di Superga, begitu pula dengan Luigi Vittorio.

Keturunannya sekarang termasuk sepupu-sepupu penuntut Vittorio Emanuele, Pangeran Napoli dan Amedeo, Adipati Aosta (lahir 1943). Ada juga Pangeran Lorenz dari Belgia, Adipati Agung Austria-Este.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Once home of his ancestor Marie de Bourbon
  2. ^ "Carignano". Encyclopædia Britannica Eleventh Edition. 1911. Diakses 2008-03-31. 
  3. ^ a b van de Pas, Leo. "Landgräfin Christine von Hessen-Rheinfels-Rotenburg". Genealogics .org. Diakses 2010-03-01.