Louis Otten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Louis "Lou" Otten (lahir di Rijswijk, 5 November 1883 – meninggal di Den Haag, 7 November 1946 pada umur 63 tahun) adalah pemain sepak bola dan dokter Belanda.

Otten bermain sebagai bek di Quick Den Haag, dan ikut dalam kejuaraan Belanda tahun 1908. Ia adalah salah satu pesepakbola yang mewakili Belanda dalam Olimpiade Musim Panas 1908 dan memenangkan medali perunggu. Di samping dirinya, pemain lain yang turut mewakili Belanda adalah Reinier Bertus Beeuwkes, Johannes Jacobus van den Berg, Frans de Bruijn Kops, Victor Albert Gonsalves, Johannes Cornelis Heijning, Karel Heijting, Johan Adolph Frederik Kok, Johannes Marius de Korver, Lo La Chapelle, Miel Mundt, Jops Reeman, Toine van Renterghem, Edu Snethlage, Johan Wilhelm Eduard Sol, Johannes Thomée, dan Caius Welcker. Antara tahun 1907-1911, ia 2 kali bermain untuk tim nasional sepak bola Belanda dan 5 kali menjadi penyerang.

Otten, yang mendapat promosi dalam ilmu kedokteran, bertolak ke Hindia-Belanda (kini Indonesia), dan mengembangkan vaksin sampar. Vaksin tersebut dicobakan pertama kali di Bandung, tempatnya bekerja, pada tahun 1934. Semasa Perang Dunia II, Otten ditawan di kamp konsentrasi Jepang. Seusai perang, ia kembali ke Belanda dan meninggal setahun kemudian.

Jl. Dr. Otten di Bandung dinamai menurut dirinya. Letak jalan tersebut tidak jauh dari Institut Pasteur (kini Bio Farma) tempatnya dulu bekerja.