Louis IX dari Perancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Louis IX dari Perancis
Louis IX dihormati sebagai orang suci dan banyak dilukis jauh setelah wafatnya (wajah mungkin tidak akurat). Lukisan karya El Greco, k. 1592-1595.
Louis IX dihormati sebagai orang suci dan banyak dilukis jauh setelah wafatnya (wajah mungkin tidak akurat). Lukisan karya El Greco, k. 1592-1595.
Raja Perancis
Memerintah 25 April 1214 – 25 Agustus 1285
Koronasi 29 November 1226
Pendahulu Louis VIII
Pengganti Philippe III
Pasangan Margaret dari Provence
Anak
Isabelle, Ratu Navarre
Philippe III dari Perancis
Jean Tristan, Count Valois
Pierre, Count Perche dan Alençon
Blanche, Putri Mahkota Kastilia
Margaret, Istri Adipati Brabant
Robert, Count Clermont
Agnes, Istri Adipati Burgundy
Wangsa Wangsa Capet
Ayah Louis VIII dari Perancis
Ibu Blanche dari Kastilia
Lahir 24 April 1214
Poissy
Meninggal 25 Agustus 1270 (umur 56)
Tunis
Dikubur Basilika Santo Denis, Paris

Louis IX (lahir di Poissy, Perancis, 25 April 1214 – meninggal di Tunis, Tunisia, 25 Agustus 1270 pada umur 56 tahun), sering pula disebut dengan nama Santo Louis, adalah seorang Raja Perancis sejak 1226 hingga kematiannya. Ia juga menyandang gelar Louis II, Adipati Artois, antara 1226-1237. Ia lahir di Poissy, tidak jauh dari Paris, sebagai anak dari Louis VIII dan Blanche dari Kastilia. Ia adalah cucu buyut keturunan ketujuh dari Hugues Capet, sehingga termasuk dalam Wangsa Capet. Pada masa pemerintahannya, Louis IX bekerjasama dengan Parlemen Paris untuk meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum.

Louis IX dua kali terlibat dalam Perang Salib, pertama tahun 1248 (Perang Salib Ketujuh) dan kedua tahun 1270 (Perang Salib Kedelapan). Ia meninggal di Tunisia karena sakit pada 25 Agustus 1270 saat sedang menjalani perang salib keduanya, dan tahtanya diteruskan oleh putranya Philippe III.

Louis IX adalah satu-satunya raja Perancis yang diangkat menjadi santo, sehingga terdapat banyak tempat yang dinamai menurut namanya, diantaranya yang paling terkenal ialah St. Louis di Missouri, Amerika Serikat, São Luís do Maranhão di Brasil, serta negara bagian dan kota San Luis Potosí di Meksiko.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]