Perkici pelangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Loriket Pelangi)
Lorikeet pelangi
Nominasi Ras (T. h. haematodus)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Tribus:
Genus:
Spesies:
T. haematodus
Nama binomial
Trichoglossus haematodus
(Linnaeus, 1771)

Lorikeet pelangi, Trichoglossus haematodus, dikenal juga dengan nuri pelangi adalah salah satu spesies dari kakatua Australasia yang dapat ditemukan di Australia, Indonesia timur, Papua Nugini, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon dan Vanuatu. Di Australia, biasanya lorikeet pelangi berada di daerah timur, dari Queensland sampai South Australia dan Tasmania barat laut. Habitatnya terletak di hutan hujan dan semak-semak pantai. Lorikeet Pelangi telah diperkenalkan ke Perth, Western Australia,[2] Auckland, Selandia Baru[3] dan Hong Kong.[4] - China

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Rainbow Lorikeet merupakan Burung Beo dalam keluarga Psittacidae dalam urutan Psittaciformes

Rainbow Lorikeet sering termasuk Red-collared Lorikeet (T. rubritorquis) sebagai subspesies, tetapi sekarang sebagian besar otoritas utama menganggapnya sebagai khas.[5][6] Selain itu, tinjauan pada tahun 1997 menyebabkan rekomendasi pemisahan dari beberapa taksa yang paling khas dari Sunda Kecil sebagai spesies yang terpisah, Scarlet-breasted Lorikeet (T. forsteni), Marigold Lorikeet (T. capistratus) dan Lorikeet Flores (T. weberi).[7] Hal ini semakin diikuti oleh otoritas besar.[5][6] Dengan spesies terpisah, Rainbow Lorikeet meliputi subspesies sebagai berikut (guna untuk Taksonomi) sebagian besar nama umum yang tercantum di bawah hanya digunakan dalam peternakan burung.

  • Shawl-collared, Rosenberg atau Biak Lorikeet, T. h. rosenbergii - Pulau Biak, Indonesia. Sangat khas, dan mungkin layak pengobatan sebagai suatu spesies terpisah.[6]
  • Blue-faced Lorikeet, T. h. intermedius. - Utara pantai New Guinea. Tidak selalu dianggap berbeda dari T. h. haematodus.
  • Green-naped Lorikeet, T. h. haematodus - selatan Maluku, Papua Barat dan barat pulau New Guinea.
  • Dark-throated Lorikeet, T. h. nigrogularis - Kepulauan Kai, Kepulauan Aru dan selatan New Guinea. Jika T. h. caeruleiceps dikenali, T. h. nigrogularis terbatas pada Kai dan Aru Kepulauan.
  • Brook Lorikeet, T. h. brooki - Pulau Spriti di Kepulauan Aru. Tidak selalu dianggap berbeda dari T. h. nigrogularis.
  • Pale-kepala Lorikeet, T. h. caeruleiceps - selatan New Guinea. Tidak selalu dianggap berbeda dari T. h. nigrogularis.
  • Southern Green-naped Lorikeet, T. h. micropteryx - timur New Guinea.
  • Ninigo Lorikeet, T. h. nesophilus - Ninigo dan Kelompok Pertapa, sebelah barat Pulau Manus, New Guinea.
  • Olive-green Lorikeet, T. h. flavicans - Pulau New Hanover, Kepulauan St Matthias dan Kepulauan Pelayaran.
  • Massena atau Coconut Lorikeet, T. h. Massena - timur New Guinea, Kepulauan Louisiade, Pulau Karkar, Kepulauan Bismarck, Kepulauan Solomon dan Vanuatu.
  • Deplanche Lorikeet, T. h. deplanchii - Kaledonia Baru dan Kepulauan Loyalty.
  • Swainson Lorikeet, T. h. moluccanus - timur Australia dan Tasmania. Populasi Cape York Peninsula dan Kepulauan Selat Torres sekarang sering diperlakukan sebagai subspesies terpisah, T. h. septentrionalis.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2008). "Trichoglossus haematodus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2008. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 April 2009. 
  2. ^ "Department of Agriculture WA declared pests" (PDF). Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2006-08-25. Diakses tanggal 2006-08-25. 
  3. ^ "Rainbow Lorikeet pest" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2007-03-21. Diakses tanggal 2007-10-20. 
  4. ^ Birdlife Species Factsheet (additional data)
  5. ^ a b Dickinson, E. C. (editor) (2003). The Howard and Moore Complete Checklist of the Birds of the World. 3d edition. Christopher Helm. ISBN 0-7136-6536-X
  6. ^ a b c Gill, F., M. Wright, & D. Donsker (2010). IOC World Bird Names. Version 2.4. Accessed 25-04-2010
  7. ^ Schodde, R. & I. J. Mason (1997). Zoological Catalogue of Australia, Volume 37, Part 2: Aves (Columbidae to Coraciidae). Australian Biological Resources Study. ISBN 0-643-06037-5

Pranala luar[sunting | sunting sumber]