Lord Carnarvon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
George Herbert

Lord Carnarvon, penyokong dana bagi Howard Carter
Lahir 26 Juni 1866 (umur 147)
Highclere Castle
Meninggal 4 Mei 1923 (umur 56)
Kairo, Mesir
Kebangsaan Inggris
Bidang ilmu mesir kuno
Dikenal atas makam Tutankhamun
Lady dan Lord Carnarvon, Juni 1921

George Edward Stanhope Molyneux Herbert, Earl ke-5 dari Carnarvon (lahir di Kastil Highclere, 26 Juni 1866 – meninggal di Kairo, 5 April 1923 pada umur 56 tahun) adalah bangsawan Inggris yang membiayai ekskavasi makam Tutankhamun di Lembah Para Raja, Mesir.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

George Herbert lahir di Kastil Highclere, Hampshire pada 26 Juni 1866. Ia bersekolah di Kolese Eton sebelum kuliah di Trinity College, Cambridge. Gelar Earl dari Carnarvon diperolehnya pada tahun 1890. Pada 26 Juni 1895, Carnarvon menikah dengan Almina Victoria Maria Alexandra Wombwell, putri dari pasangan Marie Boyer dan Frederick Charles Wombwell. Alfred de Rothschild dari keluarga bankir Rothschild kemungkinan adalah ayah kandung dari Lady Carnarvon karena menunjuknya sebagai ahli waris.

Lord Carnarvon kaya raya dan dikenal sebagai pemilik kuca pacuan dan penggemar otomotif di era awal industri mobil. Ia juga sekaligus pengemudi yang ceroboh, dan pernah mengalami kecelakaan lalu lintas serius pada tahun 1901 yang menyebabkan dirinya cacat.

Pada tahun 1902, Lord Carnarvon mendirikan peternakan Highclere Stud untuk membiakkan kuda keturunan murni untuk pacuan. Pada 1905, ia ditunjuk sebagai organisator di Pacuan Kuda Newbury yang waktu itu baru dibangun. Sejak itu pula, keluarga Lord Carnarvon secara turun temurun bergerak di bidang kuda pacuan. Sejak 1969, cucunya yang bernama Henry George Reginald Molyneux Herbert, Earl ke-7 dari Carnarvon menjadi Manajer Pacuan untuk Ratu Elizabeth II sekaligus teman terdekatnya.

Ketertarikan pada ilmu mesir kuno[sunting | sunting sumber]

Lord Carnarvon tertarik pada ilmu mesir kuno dan menjadi sponsor ekskavasi makam raja-raja di Thebes yang dilakukan Howard Carter. Pada tahun 1922, mereka berdua membuka makam Tutankhamun di Lembah Para Raja. Beberapa bulan kemudian, Lord Carnarvon meninggal dunia di Hotel Continental-Savoy, Kairo.[1] Kematiannya menjadi bahan spekulasi, termasuk kisah "Kutukan Tutankhamun" atau Kutukan Firaun. Walaupun demikian, kematiannya mungkin disebabkan bakteremia akibat gigitan nyamuk yang terinfeksi bakteri erisipelas. Howard Carter bertahan hidup hingga enam belas tahun berikutnya.

Makam Carnarvon terletak di atas bukit di Beacon Hill, Burghclere, Hampshire[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Carnarvon Is Dead Of An Insect's Bite At Pharaoh's Tomb. Blood Poisoning and Ensuing Pneumonia Conquer Tut-ankh-Amen Discoverer in Egypt.". New York Times. 5 April 1923. Diakses 12 Agustus 2008. "The Earl of Carnarvon died peacefully at 2 o'clock this morning. He was conscious almost to the end." 
  2. ^ Makam Carnarvon

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Henry Howard Herbert
Earl dari Carnarvon
1890–1923
Diteruskan oleh:
Henry George Herbert