London Interbank Offered Rate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

London Interbank Offered Rate atau lebih dikenal juga dengan singkatan LIBOR adalah merupakan kurs referensi harian dari suku bunga yang ditawarkan dalam pemberian pinjaman tanpa jaminan oleh suatu bank kepada bank lainnya di pasar uang London ( atau pasar uang antar bank ) . Libor adalah merupakan kebalikan dari London Interbank Bid Rate (LIBID).

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Kurs suku bunga LIBOR digunakan secara luas sebagai suatu kurs referensi untuk suatu instrumen keuangan seperti misalnya pada :

Produk-produk tersebut menggunakan dasar kurs pasar yang paling likuid dan aktif di dunia .

Untuk Euro, kurs referensi yang biasanya digunakan adalah Euribor yang dikeluarkan oleh European Banking Federation ( federasi perbankan Eropa).

Fitur teknis[sunting | sunting sumber]

LIBOR diterbitkan oleh British Bankers Association (BBA) setiap hari setelah jam 11:00 waktu London yang merupakan rata-rata suku bunga deposito antar bank dari beberapa bank terpilih, untuk jangka waktu pinjaman atara 1 malam hingga satu tahun. Suku bunga jangka pendek misalnya hingga 6 bulan adalah hampir mendekati cerminan kondisi pasar pada saat itu. Suku bunga pinjaman antar bank ini setiap harinya mengalami perubahan.

Kurs referensi yang dikeluarkan disamping untuk dollar Amerika (USD) juga untuk Pound Sterling. LIBOR juga merupakan referensi yang sangat berarti bagi mata uang lainnya termasuk Franc Swiss (CHF),Yen, dollar Kanada (CAD) and the Krone Denmark.

Derivatif yang mengacu pada LIBOR[sunting | sunting sumber]

Kontrak Eurodollar[sunting | sunting sumber]

Kontrak Eurodollar pada perdagangan di Chicago Mercantile Exchange (bursa berjangka Chicago) adalah didasarkan pada kurs LIBOR pinjaman USD dengan jangka waktu 3 bulan . Ini adalah merupakan kurs bunga jangka pendek yang paling laku diperdagangkan dalam bursa berjangka. Untuk jangka waktu yang lebih pendek, kontrak berjangka jenis ini diperdagangkan di London Euronext.liffe pada waktu Eropa dan di Singapore Exchange pada waktu Asia.

Swap suku bunga[sunting | sunting sumber]

Swap suku bunga atau Interest rate swaps yang mengacu pada kurs LIBOR jangka pendek saat ini diperdagangkan pada pasar uang antar bank untuk masa jatuh tempo hingga diatas 50 tahun. Suku bunga "LIBOR 5 tahun" merujuk pada kurs swap 5 tahun yang dipertukarkan dengan kurs swap LIBOR dari 3 atau 6 bulan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Istilah "asing" forward rate agreement ini digunakan pula secara umum oleh lembaga pemerintah seperti misalnya Bank Indonesia dalam peraturannya seperti yang terlihat pada Surat edaran Bank Indonesia tentang petunjuk laporan transaksi derivatif