Logika diode–resistor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logika diode–resistor
ANDGate-2-Diode.svg
Skema gerbang AND DL yang disederhanakan
Simbol bervariasi
Tipe rangkaian terintegrasi
Kategori gerbang logika
Komponen sejenis RTL, DTL, TTL, ECL, I2L, NMOS, CMOS
Kemasan biasanya DIL 8-14 Pin 0,1 in

Logika dioda atau Logika dioda–resistor adalah sebuah sirkuit digital yang menggunakan diode untuk membentuk gerbang logika. Hanya gerbang logika takmembalik yang dapat dibuat, jadi ini bukanlah keluarga logikan yang sempurna. Karena tidak memberikan penguatan, taraf keluaran selalu lebih rendah dari taraf masukan, sehingga hanya sedikit gerbang yang dapat dideretkan. Logika diode murni tidak pernah digunakan secara luas karena ini tidak memiliki kelebihan disamping kesederhanaannya.

Tinjauan umum[sunting | sunting sumber]

Sebuah gerbang logika Boole seharusnya berperan sebagai sumber tegangan, dan menyediakan salah satu dari dua taraf tegangan untuk mewakili hasil logika Boole. Gerbang dioda–resistor bekerja dengan menggunakan diode untuk menggerakan salah satu taraf, dan jika semua diode mati, memungkinkan resistor untuk menggerakan keluaran. Resistor selalu hidup, tetapi diode manapun yang berperan sebagai sumber tegangan akan mengambil alih fungsi resistor.

Logika takmemperbaiki[sunting | sunting sumber]

Logika digital bercirikan perbaikan sinyal. Betul dan salah atau 1 dan 0 diwakili oleh dua taraf tegangan tertentu. Jika masukan logika digital dekat dengan taraf tertentu, keluaran akan jauh lebih dekat ataupun sama persis dengan taraf yang diinginkan. Gerbang mungkin diintegrasikan dalam jumlah besar karena setiap gerbang cenderung mengurangi desah masukan. Dioda dan resistor tidak dapat mengikangkan desah, dan diode selalu menambahkan desah. Pertemuan p-n pada diode belum menghantar sebelum tegangan mencapai harga tertentu, biasanya 0,6V. Perbedaan tegangan ini ditambahkan pada keluaran taraf rendah dan dikurangkan pada keluaran taraf tinggi. Banyaknya gerbang yang dapat dideretkan bergantung pada perbedaan antara taraf keluaran rendah dan tinggi. Tidak seperti keluarga logika sebenarnya, gerbang dioda–resistor menggunakan masukan sebagai sumber tegangan untuk menggerakan keluaran. Sumber tegangan lainnya berasal dari resistor. Untuk beroperasi dengan baik, masukan harus merupakan sumber tegangan yang lebih baik daripada resistor. Jika sumber yang lemah disambungkan pada masukan, tegangan pada diode tidak mencukupi untuk mengambil alih tegangan resistor.

Tanpa pembalikan[sunting | sunting sumber]

Dioda idealnya meluluskan tegangan masukan langsung ke keluaran ketika dihidupkan. Satu-satunya cara untuk mendapatkan keluaran yang berlawanan dengan masukan adalah dengan menggantikan semua diode dengan resistor.

Pensakelaran arus[sunting | sunting sumber]

Salah satu kelebihan diode daripada transistor adalah kemampuannya menangani arus besar. Jika tegangan diabaikan, diode sangat baik untuk membuat gerbang OR untuk berbagai sumber arus.

Konstruksi gerbang OR[sunting | sunting sumber]

Gerbang OR dioda

Untuk membuat gerbang OR dengan n masukan logika, komponen yang diperlukan adalah:

  • n dioda.
  • sebuah resistor dengan harga yang lebih tinggi dari impedansi keluaran rangkaian masukan.

n + 2 sambungan listrik, (ground dihitung). Sirkuit dari gerbang dua masukan diperlihatkan berlawanan. Katoda dari setiap diode disambungkan ke keluaran pada sambungan 1. Sebuah resistor menyambungkan sambungan 1 ke sambungan 2 (ground), dan sambungan-sambungan yang tersisa adalah masukan-masukan. Ketika logika 1 muncul pada anode salah satu dioda, ini memanjar maju dioda, membuatnya menghantar. Masukan lalu dapat menginduksikan arus ke keluaran melalui dioda, untuk membuat tegangan keluaran dekat ke logika 1. Jika logika 0 muncul pada anode seluruh dioda, semuanya dipanjar terbalik dan resistor menggerakkan sambungan 1 menuju rendah.

Konstruksi gerbang AND[sunting | sunting sumber]

Gerbang AND dioda

Untuk membuat gerbang AND dengan n masukan logika, diperlukan komponen berikut:

  • n dioda.
  • Sebuah resistor dengan harga yang lebih tinggi dari impedansi keluaran rangkaian masukan.

Sebuah contoh ditampilkan di sebelah kiri. Resistor menyambungkan sambungan 1 ke tegangan catu pada sambungan 2. Sambungan 4 dan 5 adalah masukan. Keluaran diambil dari sambungan 1. Jika logika 1 muncul pada katode seluruh dioda, semuanya dipanjar terbalik, sehingga tetap mati dan sambungan 1 ditahan tetap tinggi oleh resistor. Jika logika 0 muncul pada salah satu masukan, ini memanjar maju diode dan membuat sambungan 1 rendah melalui dioda.

Referensi[sunting | sunting sumber]