Lo Siauw Gok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lo Siauw Gok (lahir di Semarang, Jawa Tengah, 9 Desember 1930 – meninggal di Jakarta, 3 Juli 1991 pada umur 60 tahun) adalah seorang sinshe dan guru kung fu terkenal di Indonesia.

Siauw Gok dilahirkan sebagai anak kedua dari 12 saudara dari ayahnya Lo Ban Teng dan ibunya Go Bin Nio. Lo Ban Teng juga adalah seorang sinshe dan guru kung fu legendaris Indonesia.

Sebelum meninggal dunia pada 1958, Lo Ban Teng menurunkan seluruh ilmunya kepada Siauw Gok dalam seni bela diri kung fu dan obat-obatan tradisional Tionghoa. Setelah itu, ia mewarisi rumah obat peninggalan ayahnya.

Lo Siauw Gok meninggal dunia pada usia yang relatif muda, 59 tahun. Jenazahnya dikremasikan pada 7 Juli 1991, dan kemudian abunya ditaburkan ke laut.

Penerus[sunting | sunting sumber]

Anak-anak Sinshe Lo Siauw Gok juga mewarisi seni bela diri kung fu dari ayah mereka. Dua anak laki-lakinya, Lo Hak Seng (A Seng) dan Lo Hak Lun (A Lun), melanjutkan tradisi bela diri ini. Aseng membuka klinik pengobatan di Jakarta Utara, Sedangkan Alun, lebih berkonsentrasi di pengajaran kungfu dan membuat arak gosok merek Hulu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]