Liu Ye (pemeran)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Liu Ye (aktor))
Liu Ye
Nama Tionghoa劉燁 (Tradisional)
Nama Tionghoa刘烨 (Sederhana)
PinyinLíu Yè (Mandarin)
Lahir23 Maret 1978 (umur 46)
Changchun, Jilin, Tiongkok
PekerjaanAktor
Tahun aktif1997–sekarang
PasanganAnais Martane (2009–sekarang)
Penghargaan

Liu Ye (kelahiran 23 Maret 1978) adalah seorang aktor Tiongkok.

Karier[sunting | sunting sumber]

Liu memulai karier aktingnya sebagai pelajar dalam bidang seni penampilan di Akademi Drama Pusat di Beijing, dan bakatnya dalam akting muncul sangat awal. Liu dinominasikan untuk Aktor Pendukung Terbaik karena perannya sebagai tukang pos muda pada salah satu film pertamanya, Postmen in the Mountains, di Penghargaan Rooster Emas 1999.[1] Tak lama setelah kelulusannya, Liu menang sebagai Aktor Terbaik di Penghargaan Kuda Emas ke-38 karena penampilannya sebagai pria homoseksual muda dalam Lan Yu. Tiga tahun kemudian, ia kembali menjadi Aktor Terbaik karena perannya dalam The Foliage di Penghargaan Rooster Emas ke-24. Selain itu, beberapa film Liu juga tampil dalam beberapa festival film internasional, contohnya Lan Yu, Balzac and the Little Chinese Seamstress, Purple Butterfly dan The Floating Landscape.

Karena memiliki penampilan yang baik secara fisik sehingga menjadi idola remaja, Liu dipilih untuk memerankan peran yang berbeda. Ia dipuji secara terbuka dan dipakai oleh sutradara-sutradara seperti Stanley Kwan (Lan Yu), Chen Kaige (The Promise), Zhang Yimou (Curse of the Golden Flower) dan John Woo (Blood Brothers).

Film Hollywood pertama Liu Dark Matter, yang berdasarkan pada penembakan Universitas Iowa 1991, ditayangkan di festival-festival film internasional utama pada 2007. Dibintangi bersama dengan Meryl Streep, Liu memerankan peran mahasiswa fisika pasca kelulusan asal Tiongkok yang bernama Liu Xing. Dark Matter memenangkan Penghargaan Alfred P. Sloan di Festival Film Sundance 2007 dan dirilis di Amerika Serikat pada April 2008. Peran jahat pertama Liu adalah dalam Connected (2008), sebuah pembuatan ulang dari film Amerika Cellular.

Liu membintangi film 2009 Lu Chuan City of Life and Death, yang uangnya disumbangkan kepada korban-korban Pembantaian Nanjing 1937.

Pada film 2011 The Founding of a Party, dikabarkan bahwa Liu menaikkan berat badannya sampai 10 kg untuk memerankan Mao Zedong pada usia 30 tahun dengan memakan 20 telur sehari.[2]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Liu menikah dengan fotografer Prancis keturunan Yahudi yang bernama Anais Martane di Beijing pada 5 Juli 2009.[3] Anak pertama mereka, seorang putra bernama Nuoyi, lahir pada 10 Oktober 2010 di Prancis.[4]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

[5] [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Aktor Terbaik Penghargaan Rooster Emas Templat:China's Got Talent