Lintasarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
PT Aplikanusa Lintasarta
Jenis Privat
Industri/jasa Penyelenggara jasa Internet
Jaringan
VAS
Didirikan 1988
Kantor pusat Jakarta, Indonesia
Tokoh penting Samsriyono Nugroho, CEO
Induk Indosat
Anak perusahaan ATM Bersama
PT Lintas Media Danawa
Situs web www.lintasarta.net

Lintasarta (PT Aplikanusa Lintasarta) adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang penyedia jasa komunikasi data. Perusahaan tersebut dimiliki mayoritas oleh Indosat dan sisanya dimiliki oleh beberapa institusi seperti yayasan dan koperasi. Perusahaan ini menyediakan berbagai ragam layanan solusi terresterial (Wireline, Wireless) dan VSAT dengan berbagai platform seperti Clear Channel, Frame Relay dan IP dan juga layanan Internet dedicated serta Data center.

Strategi Aliansi[sunting | sunting sumber]

Lintasarta telah membentuk beberapa aliansi strategis dengan berbagai pemain terkemuka dalam bisnis komunikasi, seperti berikut:

Bisnis Lintasarta[sunting | sunting sumber]

PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) merupakan anak perusahaan PT Indosat Tbk, yang menyediakan solusi korporat meliputi Komunikasi Data, Internet dan Layanan Bernilai Tambah (VAS).

Pemegang saham[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah para stakeholder Lintasarta:

  1. PT Indosat Tbk
  2. Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia (YKKBI)
  3. PERBANAS Foundation
  4. Dana Pensiun Bank Rakyat Indonesia
  5. Yayasan Kesejahteraan Pegawai Bank Tabungan Negara
  6. Dana Pensiun Bank Pembangunan DKI Jakarta
  7. Koperasi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (KOPTEL)
  8. Koperasi Karyawan PT Aplikanusa Lintasarta (KOPKARLA)
  9. Koperasi Pegawai PT Indosat Tbk (KOPINDOSAT)
  10. Koperasi Pegawai Kantor Pusat PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (KOPEGTEL)
  11. Dana Pensiun PT CIMB Niaga Tbk

Anak perusahaan[sunting | sunting sumber]

Kedua perusahaan berikut adalah anak perusahaan Lintasarta:

PT Artajasa Pembayaran Elektronis[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 10 Februari 2000, ARTAJASA didirikan dan menjadi bagian dari upaya pembangunan yang diawali oleh LINTASARTA. Pada tahun 2002, ARTAJASA membuat terobosan dan menunjukkan keberhasilan pertamanya dengan menjadi lembaga kliring non-bank pertama untuk transaksi retail di Indonesia dengan menjadi anggota sistem BI-RTGS. Prestasi Lain ARTAJASA pada tahun 2004 dengan mengembangkan layanan transfer antar-bank secara real time on-line melalui ATM. Saat ini jaringan ATM Bersama terus bertumbuh dan berkembang dengan banyak sekali terminal ATM dan tersebar di seluruh Indonesia dan keyakinan banyak bank sebagai anggota, membuat ARTAJASA sebagai pemimpin pasar.

PT Lintas Media Danawa[sunting | sunting sumber]

LMD adalah perusahaan yang dibentuk oleh Lintasarta, Kompas Gramedia Group (KGG) dan Danawa Malaysia sebagai penyedia jasa dibidang IT, seperti software development, cloud computing services dan mobile application development.

Dukungan yang kuat dari ketiga perusahaan tadi merupakan salah satu kekuatan LMD, karena ketiga perusahaan tadi merupakan pioneer dibidangnya masing-masing, seperti Lintasarta, yang merupakan pemegang saham terbesar, adalah pemain utama di bisnis telekomunikasi data dan menguasai 70% pangsa pasar komunikasi data. KGG, adalah grup perusahaan terbesar di Indonesia di bidang retail, toko buku dan media, baik surat kabar, majalah atau tabloid. Sementara Danawa Malaysia adalah perusahaan asal Malaysia yang mempunyai berbagai macam solusi teknologi.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]