Lintasan MBL

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bentuk mannopyranose-αD. Mannan merupakan polimer dari mannos.

Lintasan MBL (bahasa Inggris: mannan-binding lectin pathway, Ali/Krueger pathway) adalah lintasan pada sistem komplemen yang menggunakan protein serupa dengan C1q seperti pada lintasan komplemen klasik, yang mengikat senyawa mannos yang nampak pada karbohidrat pada permukaan bakteri maupun virus.[1]

Ikatan yang terjadi antara lektin, protein dari golongan kolektin yang diproduksi oleh hati, dengan mannos merupakan kompleks protein.

Kompleks protein MBL, lebih lanjut membentuk ikatan kompleks menjadi MASP-I (bahasa Inggris: Mannan-binding lectin Associated Serine Protease) atau MASP-II, dua buah zimogen protease.

MASP-I dan MASP-II sangat mirip dengan protein C1r dan C1s pada lintasan komplemen klasik dan dianggap mempunyai prekursor yang sejenis.

Ketika gugus pencerap karbohidrat pada MBL mengikat residue mannos tertentu pada membran fosfolipid dari patogen, MASP-I dan MASP-II teraktivasi dan mengiris protein komplemen C4 dan C2 menjadi C4a, C4b, C2a, C2b. C4b dan C2a saling mengikat pada permukaan patogen, membentuk C3 konvertase, sedangkan masing-masing C4a dan C2b bertindak sebagai kemokina.

C3 konvertase akan teriris menjadi C3b yang kemudian mengikat pencerap komplemen yang terdapat pada fagosit.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]