Lintasan MBL

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bentuk mannopyranose-αD. Mannan merupakan polimer dari mannos.

Lintasan MBL (Inggris: mannan-binding lectin pathway, Ali/Krueger pathway) adalah lintasan pada sistem komplemen yang menggunakan protein serupa dengan C1q seperti pada lintasan komplemen klasik, yang mengikat senyawa mannos yang tampak pada karbohidrat pada permukaan bakteri maupun virus.[1]

Ikatan yang terjadi antara lektin, protein dari golongan kolektin yang diproduksi oleh hati, dengan mannosa merupakan kompleks protein.

Kompleks protein MBL, lebih lanjut membentuk ikatan kompleks menjadi MASP-I (Inggris: Mannan-binding lectin Associated Serine Protease) atau MASP-II, dua buah zimogen protease.

MASP-I dan MASP-II sangat mirip dengan protein C1r dan C1s pada lintasan komplemen klasik dan dianggap mempunyai prekursor yang sejenis.

Ketika gugus reseptor karbohidrat pada MBL mengikat residu mannosa tertentu pada membran fosfolipid dari patogen, MASP-I dan MASP-II teraktivasi dan membelah protein komplemen C4 dan C2 menjadi C4a, C4b, C2a, C2b. C4b dan C2a saling mengikat pada permukaan patogen, membentuk C3 konvertase, sedangkan masing-masing C4a dan C2b bertindak sebagai kemokina.

C3 konvertase akan terpotong menjadi C3b yang kemudian mengikat reseptor komplemen yang terdapat pada fagosit.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "2-5. Complement is a system of plasma proteins that interacts with pathogens to mark them for destruction by phagocytes". Charles A. Janeway, et al. Diakses tanggal 2010-04-02. 
  2. ^ (Inggris) "Figure 2.8. Overview of the main components and effector actions of complement". Charles A. Janeway, et al. Diakses tanggal 2010-04-02.