Lindorm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lindorm sebagai lambang Wurmannsquick, Jerman.

Lindorm (sepadan dengan Bahasa Nordik Kuno linnormr 'ular penghalang', bahasa Norwegia linnorm 'naga', bahasa Swedia, lindorm, bahasa Denmark, lindorm 'naga', bahasa Jerman Lindwurm 'naga') dalam perlambangan Britania Raya, adalah istilah bagi naga berkaki dua tak bersayap yang seringkali diceritakan berbisa mematikan. Di Norwegia, lindorm digunakan dalam perlambangan (heraldik) sebagaimana wivern di Britania.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dalam rumpun bahasa Skandinavia kini, kata lindorm dapat mengacu pada 'naga' atau ular monster, namun dalam heraldik Norwegia, itu mengacu pada 'naga laut' (sjøorm), meskipun itu juga sepadan dengan 'lindworm' dalam heraldik Britania.

Umumnya, kata lindorm merupakan padanan bagi kata Latin draco (yang menjadi asal kata dreki dalam bahasa Norwegia), sehingga dapat mengacu pada makhluk berciri naga, dari ular berbisa dalam kehidupan nyata hingga naga dalam legenda. Dalam mitologi dan folklor Eropa, makhluk yang dikenali sebagai 'lindorm' bisa saja bersayap atau tidak, termasuk berkaki empat, dua, atau tidak sama sekali. Bagaimanapun menurut tradisi yang bertahan hingga kini dinyatakan bahwa lindorm tidak memiliki anggota tubuh, atau hanya cakar depan (untuk merayap), berbeda dengan wivern yang hanya punya bagian kaki belakang (dan kemungkinan cakar di ujung sayapnya), berbeda dengan naga yang punya empat kaki dan bersayap atau tidak.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]