LimeWire

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
LimeWire
Limewire logo.gif
LimeWire PRO 5.5.png
LimeWire PRO 5.5.14
Pengembang Lime Wire LLC
Rilis perdana 29 Mei 2000; 13 tahun yang lalu (2000-05-29)
dihentikan 5.5.16 (26 Oktober 2010; 3 tahun yang lalu (2010-10-26))
Rilis pratayang 5.6.1 (7 Mei 2010; 3 tahun yang lalu (2010-05-07))
Bahasa pemograman Java
Serambi Cross-platform
Ketersediaan bahasa 31 languages
Lisensi GNU General Public License
Situs web resmi LimeWire.com

LimeWire adalah sebuah program free peer-to-peer file sharing (P2P) yang dapat bekerja pada Windows, Mac OS X, Linux, dan sistem operasi lain yang didukung oleh Java software platform. LimeWire menggunakan jaringan gnutella yang memiliki fungsi serupa dengan protokol BitTorrent. Versi software gratis dan mudah dibeli telah tersedia. Software ini dikembangkan oleh LimeWire LLC, yang merupakan cabang dari Lime Group. BitTorrent sendiri disediakan oleh Libtorrent.

Pada 26 Oktober 2010, hakim federal pengadilan AS, Kimba Kayu, memaksa LimeWire untuk menghentikan proses pencarian, download, upload, perdagangan file dan atau distribusi fungsionalitas file, serta semua fungsi dari software di Arista Records LLC v. Lime Group LLC[1].Sebuah pengujian menyelidiki bahwa kerusakan diperlukan untuk mengganti kerugian label record yang dijadwalkan akan dimulai pada bulan Januari 2011 . Dampak dari perintah tersebut, LimeWire 5.5.11. dan versinya yang lebih baru tidak diperkenankan menggunakan backdoor hasil instalasi perusahaan.Walau bagaimana pun, versi 5.5.10 dan semua versi sebelumnya dari LimeWire tetap berfungsi secara penuh dan tidak dapat dinonaktifkan, kecuali bila pengguna meng-upgradenya ke salah satu versi yang lebih baru.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Ditulis dalam bahasa pemrograman Java, LimeWire dapat dijalankan di komputer manapun dengan Virtual Machine Java yang terinstall. Installer disediakan untuk Apple Mac OS X, Microsoft Windows, dan Linux. Dukungan untuk Mac OS 9 dan versi lain sebelumnya dijatuhkan dengan merilis LimeWire 4.0.10. Dari versi 4.8 dan seterusnya, LimeWire bekerja sebagai pengontrol Internet Gateway Device UPnP yang dalam hal ini secara otomatis dapat mengatur paket forwarding rules dengan router UPnP yang tersedia. LimeWire menawarkan pembagian informasi isi perpustakaannya melalui Digital Audio Access Protocol (DAAP). Dengan demikian ketika LimeWire beroperasi dan dikonfigurasi untuk dijalankan, semua berkas yang dibagi akan terdeteksi dan di-download di jaringan lokal dengan DAAP yang aktif (misalnya, Zune, iTunes). Dimulai dengan LimeWire 4.13.9, sambungan dapat dienkripsi dengan Transport Layer Security (TLS). Setelah LimeWire 4.13.11, TLS menjadi pilihan koneksi standar.

FrostWire[sunting | sunting sumber]

FrostWire diaktifkan pada September 2004 oleh anggota komunitas open source LimeWire. Sistem ini dibuat distributor LimeWire dengan mempertimbangkan penambahan kode “pemblokiran” sebagai respon terhadap tekanan RIAA dan ancaman tindakan hukum, dalam keputusan Mahkamah Agung AS di MGM Studios, Inc v. Grokster, Ltd. Ketika akhirnya diaktifkan, kode ini dapat memblokir penggunanya dari pembagian file berlisensi.

Sejarah Versi LimeWire[sunting | sunting sumber]

Sampai Oktober 2010, Lime Wire LLC, New York City, pengembang berbasis LimeWire, mendistribusikan dua versi program; sebuah versi gratis dasar, dan versi yang disempurnakan, LimeWire PRO. Versi ini dijual dengan biaya sebesar $ 21,95 dengan 6 bulan update , atau $ 34,95 dengan 1 tahun update. Perusahaan ini mengklaim, versi berbayar menyediakan download lebih cepat dan hasil pencarian 66% lebih baik. Ini dilakukan dengan memfasilitasi hubungan langsung sampai dengan 10 host dari sebuah file pencarian identik pada satu waktu, sedangkan versi gratis terbatas untuk maksimal 8 host ID saja.

Menjadi perangkat lunak bebas (free software), LimeWire telah melahirkan beberapa fork, termasuk LionShare, sebuah pengembangan proyek software eksperimental di Penn State University, dan akuisisi Mac OS X berbasis gnutella client dengan hak kepemilikan antarmuka. Para peneliti di Cornell University mengembangkan sebuah manajemen reputasi add-in yang disebut Credence yang memungkinkan pengguna membedakan antara file "asli" dan "dicurigai" sebelum men-download. Sebuah laporan pada 12 Oktober 2005 menyatakan bahwa beberapa kontributor perangkat lunak bebas dan open source LimeWire telah menciptakan proyek cabang dan menyebutnya FrostWire . Para pembuat perangkat lunak LimeWire sekarang telah menginstall perangkat keamanan yang dapat melacak virus komputer yang paling berbahaya dalam file.

LimeWire adalah program berbagi file pertama yang mendukung transfer file firewall-to-firewall. Fitur pertama yang diperkenalkan adalah versi 4.2 yang dirilis pada bulan November 2004. Saat ini LimeWire juga memperoleh dukungan BitTorrent], tetapi terbatas pada 3 upload Torrent dan 3 download Torrent, yang hidup berdampingan dengan download biasa. Pada LimeWire 5.0, sebuah instant messenger telah ditambahkan dengan menggunakan Protokol XMPP, sebuah protokol open source komunikasi. Pengguna sekarang dapat berbincang atau chatting dan berbagi file dengan individu atau sekelompok teman yang masuk dalam daftar teman mereka. Pada versi 5.5.1, LimeWire telah menambahkan kunci aktivasi, yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan sebuah kunci unik atau password sebelum aktivasi versi "Pro" perangkat lunak. Hal ini ikut menghentikan aksi pe-download-an versi LimeWire secara ilegal. Namun, masih ada cara untuk melewati keamanan ini. Misalnya, dengan menggunakan fasilitas crack yang tersedia di internet, atau dengan menggunakan LimeWire Pro 5.5.1 Beta yang memiliki AVG Anti-Virus untuk LimeWire (merupakan versi LimeWire pertama yang menyertakan AVG). Versi stabil terbaru adalah LimeWire 5.5.16.

LimeWire versi sebelum 5.5.10 masih dapat terhubung ke jaringan Gnutella dan pengguna versi ini masih dapat men-download file, meskipun pesan yang ditampilkan berkisar pada perintah selama proses startup dari perangkat lunak. LimeWire versi 5.5.11 dan yang lebih baru memiliki fitur auto-update yang memungkinkan Lime Wire LLC menonaktifkan versi yang lebih baru dari software LimeWire. Ini tidak termasuk fitur versi lama (sebelum versi 5.5.11). Sebagai hasilnya, baik RIAA maupun Lime Wire LLC memiliki kemampuan untuk menonaktifkan versi LimeWire, kecuali pengguna memilih untuk meng-upgrade ke versi terbaru dari LimeWire. Pada tanggal 10 November 2010, sebuah kelompok rahasia pengembang yang disebut "Tim Rahasia Dev" berusaha menjaga layanan tetap berjalan dengan melepaskan "LimeWire Pirate Edition"[2]. Hal ini muncul di beberapa situs torrent. Perangkat lunak ini didasarkan pada LimeWire 5.6 Beta, dan bertujuan untuk memungkinkan versi windows masih bekerja dan menghilangkan ancaman spyware atau adware. Fitur eksklusif di LimeWire PRO juga dibuka, dan keamanan semua fitur yang diinstal oleh Lime Wire LLC telah dihapus[3].

Kritik[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Februari 2010, Lime Wire membalikkan sikap anti-bundling-nya dan mengumumkan masuknya Ask.com power browser toolbar yang secara eksplisit memilih opted-out untuk mencegah instalasi. Toolbar mengirim pencarian web dan bitTorrent untuk Ask.com, dan LimeWire mencari contoh dari LimeWire pada mesin pengguna.

Pada versi LimeWire sebelum 5.0, pengguna dapat dengan tidak sengaja mengkonfigurasi perangkat lunak pada komputer mereka, termasuk dokumen dengan informasi pribadi. Versi terbaru dari LimeWire tidak mengizinkan berbagi dokumen atau aplikasi dengan cara tersebut. Pada tahun 2005, US Federal Trade Commission mengeluarkan peringatan konsumen tentang bahaya menggunakan jaringan peer-to-peer file sharing, dengan menyatakan bahwa menggunakan jaringan tersebut dapat mengakibatkan pencurian identitas dan tuntutan hukum. Pada tanggal 5 Mei, 2009, P2P Juru bicara industri yang mewakili LimeWire dan lainnya di House of Representatives AS mengadakan rapat dengar pada HR 1319, "The Informed P2P Act" .

Sebuah investigasi menunjukkan bahwa dari 123 file yang diunduh dan dipilih secara acak, 37 diantaranya (30% -nya) berisi malware. Pada pertengahan 2008, trojan Macintosh mengeksploitasi kerentanan yang melibatkan Apple Remote Desktop yang disalurkan melalui LimeWire dan memengaruhi pengguna Mac OS X Tiger dan Leopard. Kemampuan untuk mendistribusikan malware dan virus tersebut juga telah dikurangi di versi LimeWire 5.0 dan yang lebih besar, dengan program tidak membagi atau mencari file-file yang dapat dieksekusi.

Sebelum April 2004, versi gratis dari LimeWire didistribusikan dengan program paket yang disebut LimeShop (sebuah varian dari TopMoxie), yang berupa spyware. Dengan program tersebut, LimeShop memonitor pembelian online untuk mengarahkan komisi penjualan kepada LimeWire LLC. Penghapusan program LimeWire tidak akan menghapus LimeShop. Dengan penghapusan semua paket software di LimeWire 3.9.4 (dirilis pada tanggal 20 April 2004), seluruh keberatan tersebut telah dilaporkan LimeWire saat ini memiliki fasilitas yang memungkinkan server menghubungi klien LimeWire yang masih menggunakannya dan mengumpulkan berbagai informasi.

Suatu skema yang melibatkan pencurian identitas yang melibatkan LimeWire ditemukan di Denver pada tahun 2006. Pada tanggal 7 September 2007, Gregory Thomas Kopiloff dari Seattle ditangkap dalam apa yang Departemen Kehakiman AS gambarkan sebagai kasus pertama mereka melawan seseorang yang dituduh menggunakan program file sharing komputer untuk melakukan pencurian identitas. Menurut jaksa federal, Kopiloff menggunakan LimeWire untuk mencari komputer orang lain untuk berbagi informasi keuangan secara tidak sengaja dan menggunakannya dalam mendapatkan kartu kredit untuk belanja online. LimeWire secara otomatis menerima file yang telah ditandatangani melalui kode-kode atau sandi, yang disebut simpp.xml, dan mengandung daftar blok IP. Pemblokiran IPs tertentu telah menjadi kebiasaan dan bahkan dianggap penting dalam FileSharing P2P.

Keputusan Pengadilan[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan laporan The New York Times pada Juni 2005, LimeWire LLC mempertimbangkan pemberhentian distribusi LimeWire mereka karena dikeluarkannya MGMv. Grokster menjadi alat untuk memutuskan bahwa mereka dapat mendeklarasikan bujukan kapanpun mereka mau.[4]


Pada 12 Mei 2010, Hakim Kimba Kayu dari Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York yang berkuasa di Arista Records LLC v. Lime Group LLC menyatakan bahwa LimeWire dan penciptanya, Mark Gorton, telah melakukan pelanggaran hak cipta, terlibat dalam persaingan tidak sehat, membujuk orang lain untuk melakukan pelanggaran hak cipta. Pada tanggal 26 Oktober 2010, LimeWire diperintahkan untuk menonaktifkan sistem "mencari, men-download, meng-upload, perdagangan file dan / atau fungsionalitas file distribusi" setelah kalah dalam pengadilan dengan RIAA atas klaim pelanggaran hak cipta. RIAA juga mengumumkan niat untuk mengejar tindakan hukum atas kerusakan yang disebabkan oleh program ini pada bulan Januari untuk mengganti rugi rekaman yang terpengaruh. Sebagai balasannya, situs RIAA diambil secara offline pada 29 Oktober melalui serangan denial-of-service yang dilakukan oleh anggota Operation Playback dan anonymous. Menanggapi putusan itu, juru bicara perusahaan mengatakan bahwa perusahaan tidak mematikan, tetapi akan menggunakan "usaha terbaik" untuk menghentikan pendistribusian dan mendukung software P2P.

WireShare[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November tahun 2010, seorang individu anonim dengan menggunakan Meta Pirate merilis versi modifikasi dari LimeWire Pro, yang berjudul LimeWire Pirate Edition. Program ini datang tanpa toolbar Ask.com, iklan, spyware dan backdoors, serta semua dependensi di server LimeWire LLC.

Sebagai tanggapan atas tuduhan bahwa anggota atau mantan staf dari Lime Wire LLC menulis dan merilis perangkat lunak, perusahaan telah menyatakan bahwa: "(LimeWire adalah) tidak berada di belakang upaya ini. LimeWire tidak mengizinkan mereka, sesuai dengan perintah MK 26 Oktober 2010"[5] . Pada tanggal 11 Desember, sumber untuk LimeWire Pirate Edition ditempatkan di kode sumber populer hosting situs web SourceForge. Karena masalah merek dagang, nama aplikasi diubah menjadi WireShare. Aplikasi ini mendukung Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X.

LimeWire dan Perspektif Payung Teknologi Komunikasi[sunting | sunting sumber]

Perspektif Payung Teknologi Komunikasi adalah salah satu konsep dasar teknologi yang menyatakan bahwa teknologi dapat tercipta di bawah 3 komponen penting. Pertama, adanya sistem politik, ekonomi, dan media yang menentukan dapat tidaknya sebuah teknologi berkembang. Dalam komponen pertama ini dijelaskan bahwa teknologi dapat berkembang dengan leluasa apabila didukung dengan sistem politik dan kebijakan ekonomi yang kooperatif serta publikasi media yang memadai. Kemunculan LimeWire pertama kalinya, mungkin tidak banyak memengaruhi sistem politik, sehingga ia pun dapat dengan leluasa berkembang. Media pun melalui internet semakin gencar mempublikasikan keberadaan software ini sebagai layanan berbagi gratis yang menguntungkan banyak penggunanya. Namun, dengan munculnya berbagai tindak kriminal seperti pencurian data finansial melalui LimeWire yang tentunya merugikan dari segi ekonomi dan kemungkinan berdampak pula pada bidang politik, software ini pun berangsur memperoleh berbagai tekanan, baik dari negara maupun masyarakat.

Kedua, adanya kelompok individu yang melayani seperangkat fungsi umum dalam masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari munculnya komunitas-komunitas penggagas LimeWire dan software lanjutannya, baik yang resmi maupun anonim, yang berusaha tetap memaksimalkan keberadaan software ini agar dapat selalu melayani kebutuhan masyarakat terutama penggunanya. Ketiga, adanya teknologi hardware dan software. Pada LimeWire, jelas ia masuk dalam teknologi kedua, yakni software. Dalam pengaksesannya, LimeWire dapat menggunakan berbagai hardware yang kompatibel dengannya dan memiliki akses internet seperti komputer, laptop, smartphone, dan sebagainya. Dalam mendukung ketiga komponen di atas, teknologi dipengaruhi oleh 4 faktor, yakni Enabling (mudah digunakan), Limiting (terbatas), Motivating (memotivasi), dan Inhibitting (adanya penghambat). Dalam LimeWire terlihat bagaimana software ini mudah untuk diakses dan digunakan, namun dibatasi dengan adanya aturan khusus bagi para penggunanya. Namun, penyalahgunaan software ini membuatnya mengalami tekanan dari pengadilan dan negara, hingga akhirnya diciptakanlah teknologi baru bertajuk WireShare yang bertujuan memperbaharui LimeWire dengan nama berbeda.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Halliday,Meylisa. (27 Oktober 2010). LimeWire Shut Down by Federal Court. London: The Guardian
  2. ^ Limewire Info. 21 November 2010"Limewire Brought Back to Life by Secret Dev Team"
  3. ^ Badriyani,Lyle. LimeWire resurrected by Secret Dev Team. Neowin.net.
  4. ^ Zeller,Tom. (28 Juni 2005). Sharing Culture Likely to Pause but Not Wither. New York Times
  5. ^ Humphries, Matthew (9 November 2010). "LimeWire is back as LimeWire Pirate Edition – Tech Products & Geek News". Geek.com