Limburg (Belanda)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Limburg)
Langsung ke: navigasi, cari
Provincie Limburg
Provinsi Limburg
NL-LimburgVlag.svg Lambang Limburg
Bendera Lambang
Map: Provinsi Limburg di Belanda Holland Selatan Holland Utara Friesland Groningen Drenthe Flevoland Overijssel Gelderland Utrecht Limburg Brabant Utara Zeeland
Tentang gambar ini
Ibu kota Maastricht
Komisaris Ratu L.J.P.M. (Leon) Frissen Limburg satu-satunya provinsidi Belanda yang menyebut Komisioner Ratu sebagai gubernur.
Agama (2003) Katolik Roma 78%
Protestan 2%
Ireligius 15%
Lainnya 5%
Luas
 • Darat
 • Air
 
2,153 km² (ke-9)
56 km²
Populasi (2006)
 • Total
 • Kepadatan

1,131,938 (ke-6)
526/km² (ke-4)
Inclusion 1839
Lagu kebangsaan In 't Bronsgroen Eikenhout
ISO NL-LI
Situs Web Resmi www.limburg.nl

Limburg (Belanda dan Limburgish: (Nederlands-) Limburg) adalah provinsi paling selatan dari dua belas provinsi Belanda. Provinsi ini terletak di bagian tenggara negara dan berbatasan dengan provinsi Gelderland di utara, Jerman di timur, Belgia di selatan dan bagian barat, dan provinsi Brabant Utara sebagian di barat. Ibukotanya adalah Maastricht.

Limburg memiliki karakter yang sangat berbeda. Kecenderungan sosial dan ekonomi yang terkena bencana dalam beberapa dekade terakhir menimbulkankan proses perubahan dan pembaruan yang telah memungkinkan Limburg untuk mengubah lokasi nasional periferal ke dalam perhubungan kawasan yang sangat global, menghubungkan Belanda untuk wilayah metro Ruhr dan bagian selatan wilayah Benelux. Akibat kurang dihargai menyebabkan lokasi pintu gerbang internasional ini meningkatkan kejahatan internasional, seringkali terkait dengan obat-obatan, khususnya di bagian selatan provinsi.

Nama Limburg[sunting | sunting sumber]

Nama Limburg berasal dari kastil benteng di kota yang dikenal sebagai Limbourg, terletak di sungai Vesdre dekat High Fens yang saat ini merupakan provinsi Liège di Belgia. Ini merupakan kedudukan abad pertengahan Kadipaten Limburg yang diperpanjang ke wilayah Meuse di utara kota Liège. Namun, sebagian daerah Limburg Belanda yang saat ini bukan bagian dari pemerintahan ini, tetapi dibagi di antara beberapa negara termasuk Kadipaten Brabant, Kadipaten Jülich, Kadipaten Guelders, dan Keuskupan Liège, serta Kadipaten Limburg. Hasil pembagian ini masih jelas dalam kebanyakan varietas yang berbeda dari bahasa Limburgish yang digunakan di kota Limburg.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Wilayah di Low Countries 1556-1648 yang kemudian dibangun sebagai Limburg modern

Selama beberapa abad, lokasi strategis provinsi saat ini membuatnya menjadi wilayah yang didambakan kalangan-negara besar Eropa. Romawi Kuno, Habsburg Spanyol, Prussia, Habsburg Austria dan Perancis semuanya memerintah Limburg.

Penduduk pertama yang jejaknya telah ditemukan adalah Neanderthal yang berkemah di Limburg Selatan. Dalam batu Neolitik yang ditambang di tambang bawah tanah; antara lain di Rijckholt di mana wisatawan masih bisa mengunjunginya. Pada masa Romawi, Limburg secara menyeluruh diRomanisasi dan banyak kota-kota yang ada dan kota seperti Mosa Trajectum (Maastricht) dan Coriovallum (Heerlen) kemudian didirikan. Uskup Servatius memperkenalkan agama Kristen di Romawi Maastricht di mana ia meninggal pada tahun 384. Setelah itu Orang Romawi memiliki Franka yang berwenang di sini. Daerah berkembang di bawah pemerintahan pemerintahan Frank. Charlemagne telah memiliki istananya di dekat Aachen. Setelah pembagian dari Kerajaan Franka, Limburg yang sekarang menjadi miliknya, seperti sisa Belanda, sampai waktu baru untuk Kekaisaran Romawi Suci.

Wilayah Limburg berasal dari awal Abad Pertengahan biasanya terbagi antara Kadipaten Brabant, Kadipaten Gelderland, Kadipaten Jülich, Kerajaan Liège dan pangeran-uskup dari Cologne. Ini bangsawan dan uskup para bawahan nominal Kaisar Kekaisaran Romawi, tetapi dalam penerapannya mereka bertindak sebagai penguasa bebas yang sering berperang di antara mereka sendiri. Konflik mereka yang sering bertempur di daerah Limburg sehingga juga menjadi penyebab terhadap perpecahan daerah.

Peta Limburg

Saat-saat baru Limburg sebagian besar dibagi antara Spanyol (dan penggantinya, Austria), Prusia, Republik Belanda, Kerajaan Liège dan banyak federasi kecil yang bebas.

Pada 1673, Louis XIV secara pribadi memerintahkan pengepungan Maastricht oleh pasukan Prancis. Selama pengepungan, salah satu brigadir, Charles de Batz-Castelmore d'Artagnan, tewas. Ia kemudian dikenal sebagai karakter utama dalam The Three Musketeers oleh Alexandre Dumas, tahun (1802-1870).

Limburg juga tempat banyak pertempuran berdarah selama Perang Delapan Puluh Tahun (1568-1648), di mana Republik Belanda melepaskan diri dari kekuasaan Habsburg Spanyol. Pada Pertempuran Mookerheyde (14 April 1574), dua bersaudara Pangeran William dari Orange-Nassau dan ribuan tentara bayaran "Belanda" kehilangan nyawa mereka. Kebanyakan Limburgian berjuang di sisi Spanyol, menjadi Katolik dan membenci Calvinisme Holandia

Setelah Era Napoleon, negara-negara besar (Inggris, Prusia, Kekaisaran Austria, Kekaisaran Rusia dan Perancis) menyatukan daerah dengan Kerajaan Belanda yang baru pada 1815. Sebuah provinsi baru dibentuk yang menerima nama "Maastricht" setelah ibukotanya. Raja pertama, William I, yang tidak ingin nama Limburg hilang, bersikeras bahwa nama itu diubah menjadi "Provinsi Limburg". Dengan demikian, nama provinsi baru yang berasal dari Kadipaten lama Limburg yang ada sampai 1648 dalam segitiga Maastricht, Liège, dan Aachen.

Ketika Katolik dan Belgia yang berbahasa Perancis memisahkan diri dari Belanda utara terutama Calvinisme dalam Revolusi Belgia 1830, Provinsi Limburg pada awalnya hampir seluruhnya di bawah kekuasaan Belgia. Namun, dengan Perjanjian London 1839, provinsi ini dibagi dua, dengan bagian timur ke Belanda dan bagian barat ke Belgia, sebuah pembagian yang tetap ada sampai sekarang.

Atas Perjanjian London, apa yang sekarang disebut Provinsi Luksemburg di Belgia diserahkan ke Belgia dan dihapus dari Konfederasi Jerman. Untuk menenangkan Prusia, yang juga kehilangan akses ke Meuse setelah Kongres Wina, provinsi Belanda di Limburg (tapi bukan kota Maastricht dan Venlo karena tanpa mereka, penduduk Limburg menyamai penduduk Provinsi Luksemburg, 150.000 orang ([1]), tergabung dalam Konfederasi Jerman antara 5 September 1839 dan 23 Agustus 1866 sebagai Kadipaten Limburg. Pada tanggal 11 Mei 1867, Kadipaten, yang sejak 1839 berdasarkan De jure bentuk pemerintahan terpisah dalam kesatuan pribadi dengan Kerajaan Belanda, pun kembali dimasukkan ke bagian terakhir dalam Perjanjian London. Dengan gaya "Kadipaten Limburg" terus menerus dalam beberapa penggunaan resmi sampai Februari 1907. Keistimewaan lain yang bertahan sampai hari ini: kepala provinsi yang biasa disebut sebagai "Komisaris Ratu" di provinsi lain, disebut sebagai "Gubernur" di Limburg.

Perang Dunia II merugikan kehidupan banyak warga sipil di Limburg, banyak kota dan desa yang dihancurkan oleh bom dan meriam. Berbagai pemakaman, juga menjadi saksi bagian gelap ini dalam sejarah Limburg itu. Hampir 8.500 tentara Amerika, yang tewas selama pembebasan Belanda, dikubur di Netherlands American Cemetery and Memorial di Margraten. Pemakaman perang besar lainnya dapat ditemukan di Overloon (tentara Inggris) dan pemakaman perang Ysselsteyn Germany, dibangun di Kotamadya Venray untuk 31.000 prajurit Jerman yang kehilangan nyawa mereka.

Pada bulan Desember 1991, Komunitas Eropa (sekarang Uni Eropa) mengadakan pertemuan puncak di Maastricht. Pada pertemuan itu, "Perjanjian tentang Uni Eropa" atau disebut perjanjian Maastricht ditandatangani oleh negara-negara anggota Komunitas Eropa. Bersama perjanjian itu, Uni Eropa muncul.

Lagu kebangsaan[sunting | sunting sumber]

In 't Bronsgroen Eikenhout adalah lagu kebangsaan resmi Limburg baik di Belgia dan Belanda.

Pembagian wilayah administrasi[sunting | sunting sumber]

Provinsi Limburg terbagi menjadi 33 wilayah administrasi. Daftarnya sebagai berikut:

Geografi[sunting | sunting sumber]

Bagian selatan provinsi ini luar biasa bila dibandingkan dengan seluruh negara, karena merupakan salah satu dari beberapa daerah yang memiliki bukit-bukit. Titik tertinggi di Belanda, Vaalserberg, terletak di perbatasan Belanda-Belgia-Jerman. Sungai yang paling penting adalah Meuse, yang melewati sepanjang provinsi dari Selatan ke Utara. Permukaan Limburg yang sebagian besar dibentuk oleh endapan dari sungai Meuse, yang terdiri dari sungai liat dan tanah subur saat ini sedang digali untuk industri konstruksi. Di bagian utara provinsi, jauh dari dasar sungai, terutama tanah terdiri dari pasir dan lahan gambut. Kota-kota besar adalah ibukota provinsi, Maastricht dan kelompok perkotaan Sittard-Geleen dan Parkstad Limburg (termasuk Heerlen) di selatan dan Venlo di utara. Limburg membentuk satu wilayah dari Organisasi Internasional untuk Standardisasi sistem kode wilayah dunia, memiliki kode ISO 3166-2: NL-LI.

Pemandangan di Heuvelland antara Schin op Geul dan Valkenburg aan de Geul

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Pada masa lalu lahan gambut, kerikil dan batu bara ditambang di Limburg. Perusahaan milik negara yang digunakan untuk menambang di Limburg, DSM, saat ini sebuah perusahaan kimia besar, masih beroperasi di Limburg. Industri otomotif (Lahir) dan produksi mesin fotokopi dan printer (Océ di Venlo) juga hadir. Selanjutnya di bagian selatan, bergelombang, berpenduduk padat segitiga antara Heerlen / Kerkrade di selatan-timur, Sittard di utara dan Maastricht di selatan-barat, ada sejumlah empat pabrik bir.

Di bagian selatan Limburg adalah salah satu dari dua daerah penanaman buah negara. Sejak beberapa empat dekade, namun bagian besar dari gudang senjata menghilang dan digantikan oleh air, sebagai hasil dari pengambilan kerikil yang sangat luas dekat sungai Meuse.

Amsterdam Almelo Almere Amersfoort Arnhem Assen Breda Den Haag Delft Delfzijl Den Bosch Den Helder Dordrecht Enschede Haarlem Hilversum Maastricht Middelburg Zwolle Lelystad Leiden Utrecht (kota) Katwijk Nijmegen Eindhoven Vlissingen Rotterdam Leeuwarden Heerenveen Groningen (kota) Emmen Almelo Apeldoorn Alkmaar Zaanstad Tilburg Venlo Heerlen Drenthe Flevoland Friesland Gelderland Groningen Limburg Brabant Utara Holland Utara Overijssel Holland Selatan Utrecht Zeeland
Peta Belanda, menghubungkan ke artikel provinsi; titik merah menandai ibu kota provinsi dan titik hitam merupakan kota-kota penting lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]