Lima Pokok Calvinisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lima poin Calvinisme)

Lima Pokok Calvinisme, kadang-kadang dikenal dengan mnemonik TULIP, merupakan ringkasan dari soteriologi Reformed. Meskipun mereka dinamai menurut nama Yohanes Calvin, mereka sebagian besar mencerminkan ajaran Pasal-Pasal Dordrecht. Lima Poin Calvinisme menegaskan bahwa Allah menyelamatkan setiap orang yang Ia berbelas kasihan, dan bahwa usaha-Nya tidak dapat dihambat oleh kejahatan atau ketidakmampuan manusia. Dalam bahasa Inggris, mereka diringkas dengan akrostik TULIP: total depravity (kerusakan total), unconditional election (pemilihan tanpa syarat), limited atonement (penebusan terbatas), irresistible grace (anugerah yang tidak dapat ditolak), dan perseverance of the saints (ketekunan orang-orang kudus).[1]

Kelima pokok secara populer dikatakan sebagai ringkasan dari Pasal-Pasal Ajaran Dordrecht. Namun, tidak ada hubungan historis antara keduanya, dan beberapa sarjana berargumen bahwa bahasa mereka mendistorsi makna dari Pasal-Pasal, teologi Calvin, dan teologi dari ortodoksi Calvinistik abad ke-17, khususnya dalam bahasa kerusakan total dan penebusan terbatas.[2] Kelima pokok tersebut baru-baru ini dipopulerkan dalam buklet tahun 1963 yang berjudul Lima Pokok Calvinisme Didefinisikan, Dipertahankan, Didokumentasikan oleh David N. Steele dan Curtis C. Thomas. Asal-usul dari kelima pokok dan akrostiknya tidak diketahui dengan jelas, tetapi mereka tampaknya diuraikan dalam Kontra Remonstransi tahun 1611, sebuah tanggapan Reformed yang kurang dikenal terhadap kaum Arminian, yang ditulis sebelum Pasal-Pasal Ajaran Dordrecht.[3] Akrostik tersebut digunakan oleh Cleland Boyd McAfee sedini sekitar tahun 1905.[4] Munculnya akrostik ini dalam penerbitan dapat ditemukan dalam buku tahun 1932 karya Loraine Boettner, Doktrin Predestinasi Reformed.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sproul, R. C. (2016). What Is Reformed Theology?: Understanding the Basics (dalam bahasa Inggris). Grand Rapids, Michigan: Baker Books. hlm. 32. ISBN 978-0-8010-1846-6. 
  2. ^ Muller, Richard A. (2012). Calvin and the Reformed Tradition (dalam bahasa Inggris) (edisi ke-Ebook). Grand Rapids, Michigan: Baker Academic. hlm. 50–51. 
  3. ^ Dokumen diterjemahkan dalam De Jong, Peter Y. (1968). Crisis In The Reformed Churches: Essays in Commemoration of the Synod of Dort (1618–1619) (dalam bahasa Inggris). Grand Rapids, Michigan: Reformed Fellowship, Incorporated. hlm. 52–58. 
  4. ^ Wail, William H. (1913). The Five Points of Calvinism Historically Considered, The New Outlook (dalam bahasa Inggris). hlm. 104. 
  5. ^ Boettner, Loraine. "The Reformed Doctrine of Predestination" (PDF). Bloomingtonrpchurch.org. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 27 May 2014. Diakses tanggal 5 December 2013. Lima Pokok mungkin akan lebih mudah diingat jika dikaitkan dengan kata T-U-L-I-P; T, Total Inability; U, Unconditional Election; L, Limited Atonement; I, Irresistible (Efficacious) Grace; and P, Perseverance of the Saints.