Lillian Moller Gilbreth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lillian Moller Gilbreth
Lillian Moller Gilbreth, foto tahun 1921
Lahir Lillian Evelyn Moller
24 Mei 1878
Bendera Amerika Serikat Oakland, California, Amerika Serikat
Meninggal 2 Januari 1972 (umur 93)
Bendera Amerika Serikat Phoenix, Arizona, Amerika Serikat
Pekerjaan ilmuwan
Gelar BA, MA, PhD
Pasangan hidup Frank Bunker Gilbreth
Anak Anne, Mary, Ernestine, Martha, Frank Jr., Bill, Lill, Fred, Dan, Jack, Bob, dan Jane

Lillian Moller Gilbreth, BA, MA, PhD (24 Mei 18782 Januari 1972) adalah salah seorang wanita ilmuwan Amerika Serikat yang pertama kali menyandang gelar doktor (Ph.D).

Lillian Moller Gilbreth adalah seorang perintis ergonomik. Gilbreth banyak mematenkan temuannya, termasuk alat pencampur makanan dari listrik dan tempat sampah dengan penutup yang dapat dibuka dengan injakan kaki.

Sebagian orang berpendapat bahwa Gilbreth adalah ahli psikologi organisasi dan industri yang pertama. Bersama suami bernama Frank Bunker Gilbreth, ia adalah perintis bidang teknik industri. Pasangan suami istri Frank dan Lillian Gilbreth memiliki banyak anak sehingga mereka tertarik dalam studi waktu dan gerak. Kesibukan pasangan ini yang beranak dua belas digambarkan dalam novel Cheaper by the Dozen dan Belles on Their Toes.

Sebagai penghormatan baginya, Dinas Pos Amerika Serikat mengeluarkan prangko bergambar Lillian Gilbreth pada tahun 1984.[1] Gilbreth dianggap sebagai "Ratu Bidang Teknik yang Pertama", dan menjadi wanita pertama yang dipilih sebagai anggota Akademi Teknik Nasional Amerika Serikat. Gilbreth bekerja sebagai staf pengajar di Universitas Purdue, Akademi Teknik Newark dan Universitas Wisconsin-Madison.

Selain itu, Gilbreth juga bekerja sebagai penasihat lima orang presiden, mulai dari Presiden Hoover, Roosevelt, Eisenhower, Kennedy, hingga Johnson. Di antara topik yang dikuasainya terdapat masalah pertahanan sipil, produksi pada masa perang, dan rehabilitasi orang cacat. Pasangan suami istri Gilbreth mendirikan firma konsultasi manajemen bernama Gilbreth, Inc. yang mengkhususkan diri pada studi waktu dan gerak.

Peninggalan Lillian dan Frank Gilbert mendapat tempat khusus dalam ruang pamer Museum Nasional Sejarah Amerika yang dikelola Lembaga Smithsonian. Selain itu, potretnya juga dipajang di Galeri Potret Nasional.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Gilbreth meraih gelar BA (1900), dan MA (1902) dari Universitas California, Berkeley.[2][3]. Lillian menyelesaikan penulisan disertasi sebagai persyaratan mendapat gelar Ph.D dari Universitas California. Universitas California tidak memberinya gelar Ph.D karena Gilbreth tidak memenuhi persyaratan bertempat tinggal di California. Pada tahun 1915, Gilbreth menjadi orang pertama yang mendapat gelar Ph.D bidang psikologi industri dari Universitas Brown. Semasa hidupnya, Gilbreth meraih 22 gelar kehormatan dari berbagai universitas seperti Universitas Princeton, Universitas Brown, dan Universitas Michigan.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Lillian menikah dengan Frank Bunker Gilbreth (1868–1924). Keduanya memiliki 12 orang anak. Putri kedua mereka, Mary meninggal pada thun 1912 ketika masih anak-anak. Kedua belas nama putra-putri mereka adalah Anne, Mary, Ernestine, Martha, Frank Jr., Bill, Lill, Fred, Dan, Jack, Bob, dan Jane. Hingga bulan Oktober 2007, Fred adalah satu-satunya dari anak mereka yang masih hidup.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Gilbreth, Lillian, As I Remember: An Autobiography, Engineering & Management Press, 1998, ISBN 0-89806-186-5
  • Lancaster, Jane, Making Time: Lillian Moller Gilbreth, A Life Beyond "Cheaper by the Dozen", Northeastern University Press, 2004, ISBN 1-55553-612-3
  • Graham, Laurel D. 1994. "Critical Biography Without Subjects and Objects: An Encounter with Dr. Lillian Moller Gilbreth", The Sociological Quarterly 35:621-643.
  • Sullivan, Sherry. 1995. "Management's Unsung Theorist: An Examination of the Works of Lillian M. Gilbreth", Biography 18: 31-41.
  • Yost, Edna. 1943. "Lillian Moller Gilbreth", in American Women in Science. Philadelphia: Frederick A. Stokes.
  • Lancaster, Jane. "O Pioneer", Brown Alumni Monthly 96(5) February 1996. Biography

Pranala luar[sunting | sunting sumber]