Lillian Disney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lillian Disney
Lahir Lillian Marie Bounds
15 Februari 1899
Spalding, Idaho, Amerika Serikat
Meninggal 16 Desember 1997 (umur 98)
Los Angeles Barat, California, Amerika Serikat
Sebab meninggal Stroke
Pekerjaan Artis cat dan tinta
Pasangan Walt Disney (1925–66; kematiannya)
John L. Truyens (1969–81; kematiannya)
Anak Diane Marie Disney
Sharon Mae Disney

Lillian Disney (lahir di Spalding, Idaho, Amerika Serikat, 15 Februari 1899 – meninggal di Los Angeles Barat, California, Amerika Serikat, 16 Desember 1997 pada umur 98 tahun) adalah istri dari Walt Disney. Ia menikah dengannya dari tahun 1925 hingga kematian Disney pada tahun 1966. Setelah Walt meninggal, ia menikah dengan John L. Truyens (Mei 1969 - Februari 1981)[1].

Tahun awal[sunting | sunting sumber]

Lillian lahir Lillian Bounds Marie di Spalding, Idaho. Dia dibesarkan di Lapwai, Idaho, pada Reservasi Indian Nez Perce tempat ayahnya bekerja sebagai pandai besi dan polisi federal.[2] Lillian bekerja di Disney Studio di "tinta dan cat" sebagai sekretaris ketika ia bertemu Walt. Dia memiliki rambut cokelat pendek, ramping, dan dianggap sangat stylish. Dia bangga mendalam bahwa ia (Walt Disney), akan mendorong gadis-gadis lain rumah sebelum dia, meskipun menghentikannya adalah yang paling dekat.

Menikah dengan Walt Disney[sunting | sunting sumber]

Lillian dan Walt Disney menikah pada tahun 1925 di Idaho di Episcopal Church Lewiston tentang Kelahiran,[3] Namun, orang tua Walt tidak bisa hadir. Karena ayah Lillian itu telah meninggal, pamannya yang menjadi kepala Dinas Pemadam Kebakaran Lewiston memberi pengantin pergi. Dia mengenakan gaun yang ia telah membuat dirinya sendiri. Sepupunya ingat bahwa dia terkikik gugup seluruh layanan. Dia dan Walt memiliki dua anak perempuan, Diane Marie Disney, lahir 18 Desember 1933 dan meninggal pada 17 November 2013, dan Sharon Mae Disney, lahir 31 Desember 1936, yang terakhir dari mereka diadopsi. Lillian memiliki tujuh cucu-Chris Miller, Joanna Miller, Tamara Scheer, Jennifer Miller-Goff, Walter Elias Disney Miller, Ronald Miller dan Patrick Miller-dari putrinya Diane dan-anak-dalam hukum Ronald Miller, dan tiga cucu-Victoria Brown, Brad Lund dan Michelle Lund-dari putrinya Sharon. Lillian adalah bibi dari Roy E. Disney.

Pengakuan[sunting | sunting sumber]

Filmnya termasuk bekerja sebagai seniman tinta pada film Plane Crazy. Lillian dikreditkan dengan memiliki karakter bernama paling terkenal suaminya, Miki Tikus, selama perjalanan kereta api dari New York ke California pada tahun 1928 Walt menunjukkan gambar kartun tikus kepada istrinya dan mengatakan bahwa ia akan nama itu "Mortimer Tikus". Lillian menjawab bahwa nama terdengar "terlalu sombong" dan ia sangat bangga telah mengusulkan nama "Miki Tikys" bukan Mortimer.[4]

Walt bernama salah satu mobil Disneyland Railroad yang "Lilly Belle" untuk menghormatinya, dan Walt Disney World Railroad memiliki lokomotif bernama "Lilly Belle", di mana setiap lokomotif adalah nama untuk seseorang yang banyak menyumbang Walt Disney Company. Walt Disney Imagineering diciptakan "The Empress Lilly", replika kapal uap, di Walt Disney World di Downtown Disney (Florida) dan Lillian dibaptis pada tanggal 1 Mei 1977 Lillian dilantik menjadi Legenda Disney pada tahun 2003[2].

Kehidupan setelah Walt[sunting | sunting sumber]

Lillian Disney menikah dengan John L. Truyens dari Mei 1969 sampai kematiannya pada Februari 1981[5]

Pada tahun 1987, Lillian Disney menjanjikan hadiah $ 50.000.000 terhadap pembangunan sebuah gedung konser baru.[6] Setelah banyak penundaan, Gedung Konser Walt Disney dibuka pada tahun 2003, enam tahun setelah kematiannya.

Pada 1990-an, merenungkan pernikahan 41 tahun dia Walt Disney, ia berkata, "Kami berbagi indah, kehidupan yang menarik, dan kita mencintai setiap menitnya. Dia adalah suami yang baik bagi saya, dan ayah yang indah dan menyenangkan dan kakek."

Lillian Disney menderita stroke pada 15 Desember 1997, tepatnya 31 tahun setelah kematian suami pertamanya, Walt. Dia meninggal keesokan harinya di rumahnya, berusia 98 Dia meninggal 2 bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-99 dan dimakamkan dengan Walt.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Social Security Death Index
  2. ^ a b Disney Legends - Lillian Disney
  3. ^ Lewiston's Episcopal Church of the Nativity website
  4. ^ Jackson, Kathy (2006). Walt Disney: Conversations (First ed.). University Press of Mississippi. p. 120. ISBN 1-57806-713-8.
  5. ^ Social Security Death Index
  6. ^ About Walt Disney Concert Hall from LA Phil website

Pranala luar[sunting | sunting sumber]