Liberalisme terencana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Liberalisme terencana adalah sistem kebijakan ekonomi yang diikuti Kamerun sejak tahun 1960-an yang bertujuan menggabungkan kebaikan kapitalisme dan sosialisme. Pada 1965, Kamerun mengubah sistem ekonominya dari sosialisme Afrika ke planned liberalism di bawah pimpinan presiden Ahmadou Ahidjo. Di bawah sistem ini, Kamerun mulai mengatur sumber daya alam dan modal asing ke sektor ekonomi atau daerah tertentu. Dalam perkembangannya, pemerintah bekerja sama dengan berbagai perusahaan internasional untuk mendirikan parastatal enterprise. Sementara itu, pendirian perusahaan swasta dan penanaman modal digalakkan.

Sistem ini dikritik sebagai sistem yang gagal karena merebaknya korupsi, birokrasi yang panjang, dan beberapa kesalahan dalam penanaman modal. Kegagalan ini terasa akibatnya dalam krisis ekonomi Kamerun pada pertengahan 1980-an. Di bawah pemerintahan Paul Biya telah mengubah sistem ekonomi mereka secara perlahan dengan membuat industri milik negara menjadi swasta untuk merangsang pertumbuhan ekonomi.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • DeLancey, Mark W., and Mark Dike DeLancey (2000): Historical Dictionary of the Republic of Cameroon (3rd ed.). Lanham, Maryland: The Scarecrow Press.