Li Zhaoxing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Li Zhaoxing

Li Zhaoxing (lahir 20 Oktober 1940) (Hanzi:李肇星, Simplified Chinese:李肇星, Hanyu Pinyin: Lǐ Zhàoxīng, Wade-Giles: Li Chao-hsing) adalah menteri luar negeri Republik Rakyat Tiongkok periode 2003-2007. Pada 27 April 2007, pemerintah Tiongkok memberhentikannya dari jabatan menteri luar negeri. Sebagai penggantinya, pemerintah mengangkat Yang Jiechi. Keputusan itu dikeluarkan ketika Li baru saja kembali dari misi diplomatik global, khususnya ke Afrika. Pemerintah tidak memberi penjelasan mengenai alasan pemberhentian itu. Li sendiri menduduki jabatan itu setidaknya empat tahun lamanya.

Selama menjabat, Li secara agresif mendekati negara-negara kaya minyak di Afrika dan lainnya. Selain itu, dia berperan dalam mengatur perundingan segi enam menyangkut isu nulkir Korea Utara.

Ia lahir di provinsi Shandong dan belajar di Universitas Peking pada 1964. Ia seorang diplomat di Afrika sebelum menjabat Asisten Menteri Luar Negeri pada 1990 dan Wakil Menteri Luar Negeri pada 1995, duta besar untuk Amerika Serikat pada 1998, dan Menteri Luar Negeri pada 2003. Ia menikah dan mempunyai seorang anak.

Didahului oleh:
Li Daoyu
Duta Besar Tiongkok untuk Amerika Serikat
19982001
Diteruskan oleh:
Yang Jiechi
Didahului oleh:
Tang Jiaxuan
Menteri Luar Negeri Tiongkok
20032007
Diteruskan oleh:
Yang Jiechi

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]