Yerkish

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lexigram)
Bahasa Yerkish
Lexigram
Dibuat olehErnst von Glasersfeld
Pengaturan dan penggunaanBahasa hewan
Pengguna3 (kera)
Tujuan
SumberMenggunakan sebuah papanketik untuk menekan tuts yang disebut lexigram, simbol yang sama dengan objek-objek atau ide-ide.
Kode bahasa
ISO 639-3Tidak ada (mis)
QIDQ153630
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Yerkish adalah sebuah bahasa artifisial dikembangkan untuk digunakan oleh primata selain manusia. Ia menggunakan papanketik yang tutsnya mengandung lexigram, simbol yang sama dengan objek-objek atau ide-ide. [1]

Sebuah lexigram merepresentasikan sebuah kata tetapi tidak selalu menunjuk kepada objek yang diacu oleh kata. Lexigram terkenal digunakan oleh Language Research Center di Georgia State University untuk berkomunikasi dengan bonobo dan simpanse. Para Peneliti dan primata mampu berkomunikasi menggunakan papan lexigram yang dibuat sampai dengan tiga papan dengan total 384 tuts. [1][2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bahasa ini dikembangkan oleh Ernst von Glasersfeld dan digunakan oleh Duane Rumbaugh dan Sue Savage-Rumbaugh (lexigram: ) dari Georgia State University saat bekerja dengan primata di Yerkes National Primate Research Center di Emory University di Atlanta, Georgia. Primata diajarkan berkomunikasi dengan memahami papan lexigram, sebuah susunan tuts terkomputerisasi dengan lexigram. Von Glasersfeld menciptakan istilah "lexigram" pada tahun 1971, membuat 120 tuts pertama, dan merancang tatabahasa yang mengatur kombinasinya. Bahasa artifisial ini disebut dengan Yerkish untuk menghormati Robert M. Yerkes, pendiri laboratorium dimana lexigram ini pertama kali digunakan.

Kera pertama yang dilatih berkomunikasi dalam Yerkish adalah simpanse Lana, sejak awal tahun 1973 dalam konteks proyek LANA.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Interactive Lexigram Diarsipkan 2010-05-20 di Wayback Machine., History of Ape Language, Great Ape Trust, 2010.
  2. ^ Jeffrey Kluger, "Inside the Minds of Animals" Diarsipkan 2010-09-02 di Wayback Machine., Time, August 5, 2010.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  1. (Inggris) Rumbaugh, D. M. ed. (1977) Language Learning by a Chimpanzee. The LANA Project. New York, Academic Press
  2. (Inggris) von Glasersfeld, E., Department of Psychology, University of Georgia. The Yerkish language for Non-Human Primates Diarsipkan 2006-06-14 di Wayback Machine.. American Journal of Computational Linguistics, 1974, 1.


Templat:Conlang-stub