Leopold V Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leopold yang Menang, berlutut, menerima bendera merah-putih-merah oleh Kaisar Henry VI dari Hohenstaufen, Babenberger Stammbaum, Biara Klosterneuburg, sekitar tahun 1490

Leopold V (1157 – 31 Desember, 1194), yang Menang, merupakan adipati Austria dari tahun 1177 dan Stiria dari tahun 1192 sampai kematiannya. Ia adalah putra Henry II Jasomirgott dan istri Bizantiumnya, Theodora Comnena, putri Andronicus Comnenus, putra kedua yang tertua Raja John II Komnenos.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Adipati Austria[sunting | sunting sumber]

Leopold menggantikan ayahnya sebagai Adipati Austria setelah kematiannya pada tanggal 13 Januari 1177. Tak lama setelah menjadi Adipati, Leopold meminjamkan bantuan kepada Frederick dari Bohemia di dalam pertikaiannya melawan Adipati Sobeslaus II, yang berkampanye di dalam wilayah adipati Austria, dan pada tahun 1179, Leopold mencapai kesepakatan damai dengan Bohemia. Pada tanggal 17 Agustus 1186, ia bernegosiasi Perjanjian Georgenberg dengan Ottokar IV dari Stiria, yang mana Stiria dan bagian tengah Austria Hulu digabungkan kedalam Wilayah Adipati Austria setelah tahun 1192. Hal ini merupakan langkah pertama menuju kreasi Austria modern.

Perang Salib Ketiga dan Akibat[sunting | sunting sumber]

Leopold terutama dikenang diluar Austria atas partisipasinya di dalam Perang Salib Ketiga. Ia tiba untuk ambil bagian di dalam pengepungan Acre di musim semi tahun 1191, berlayar dari Zadar di pesisir Adriatik. Ia mengambil alih kendali komando dari sisa pasukan kerajaan setelah kematian Frederick VI, Adipati Swabia di bulan Januari. Menurut legenda, jubahnya bersibah dengan darah setelah berperang dan ketika ia mengangkat sabuknya, sebuah garis putih muncul. Kaisar Henry VI memberinya hak istimewa untuk mengambil warna-warna itu sebagai benderanya yang baru, yang kemudian menjadi Bendera Austria.

Setelah Acre menyerah, bendera-bendera Kerajaan Yerusalem, Richard I dari Inggris, Philip II dari Perancis dan benderai keadipatian Leopold dikibarkan di kota tersebut oleh sepupu Leopold, Conrad dari Montferrat. Akan tetapi, Richard menanggalkan warna-warna Leopold (lihat Pengepungan Acre) dan Adipati itu dengan marah meninggalkan rumahnya di Austria, dimana ia sampai pada akhir tahun 1191. Richard juga diduga terlibat di dalam pembunuhan Conrad, tak lama setelah pelantikannya sebagai Raja Yerusalem di bulan April 1192.

Di dalam perjalanannya kembali di musim dingin, ia melakukan perjalanan dengan menyamar, tak lama sebelum hari raya Natal pada tahun 1192 harus berhenti di dekat Wina, dimana ia dikenali (kemungkinan karena cap cincinnya) dan ditahan di Erdberg (modern wilayah Landstraße). Untuk beberapa waktu raja itu dipenjara di Dürnstein, dan di bulan Maret 1193 dibawa ke hadapan Kaisar Henry VI di Kastil Trifels, dan dituduh sebagai pembunuh Conrad. Bagian tebusan Leopold sangat besar, sejumlah 6000 ember - sekitar 23 ton - perak, menjadi pondasi untuk pencetakan uang logam di Wina, dan digunakan untuk membangun kota dinding untuk Wina, dan juga mendirikan kota-kota Wiener Neustadt dan Friedberg di Stiria. Akan tetapi, adipati tersebut dikucilkan oleh Paus Celestine III untuk memenjarakan rekan Perang Salib.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1172, Leopold menikahi Helena, putri Raja Géza II dari Hongaria. Dengannya, Leopold memiliki sedikitnya 8 orang anak:

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1194, kaki Leopold ditindih oleh kudanya yang jatuh menimpanya pada sebuah turnamen di Graz. Ia wafat di gangrene, masih dalam keadaan dikucilkan, dan dimakamkan di Biara Heiligenkreuz.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Necrologium Monasterii S Crucis Recentius, Passau Necrologies (II), p. 112

Referensi[sunting | sunting sumber]


Leopold V Austria
Lahir: 1157 Wafat: 1194
Jerman
Didahului oleh:
Henry II
Adipati Austria
1177–1194
Diteruskan oleh:
Frederick I
Didahului oleh:
Ottokar IV
Adipati Stiria
1192–1194
Diteruskan oleh:
Leopold VI