Leopold IV dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Leopold IV, Adipati Austria)
Langsung ke: navigasi, cari

Leopold IV dari Austria, Adipati Austria Selanjutnya (lahir tahun 1371 – meninggal di Wina, Austria, 3 Juni 1411 pada umur 39/40 tahun) merupakan seorang Adipati Austria dari keluarga Habsburg Garis Leopoldinian.

Ia merupakan anak laki-laki kedua Leopold III. Kakak sulungnya Adipati William dari Austria Dalam menunjuknya sebagai wakil pemimpin, membuatnya bertanggung jawab atas Austria Selanjutnya, yang juga berarti wilayah-wilayah leluhur Habsburg di Swiss Aargau, dan lainnya. Leopold menghadapi oposisi Swiss kepada administrasi Austria.

Sejak tahun 1391 keatas, ia merupakan pemimpin Austria Selanjutnya yang efektif, dan dari tahun 1396 sampai 1406 ia juga merupakan pemimpin di Tirol.

Ia menikahi Catherine de Valois dari Burgundia, putri Philip II, Adipati Burgundia, pada tahun 1393. Ia meninggal pada tahun 1425, dan mereka tidak memiliki keturunan yang selamat.

Adik-adiknya Ernest yang Kuat dan Frederick dimulai dengan posisi keadipatian pada tahun 1402. Pada tahun 1406 abang sulung mereka Adipati William wafat tanpa keturunan, dan Leopold menjadi pemimpin keluarga yang berikutnya. Malangnya, Leopold juga tidak memiliki keturunan. Adik-adiknya membuat suatu persetujuan bagaimana membagi warisan pada masa mendatang: Ernest menerima Austria Dalam dan Frederick Austria Selanjutnya, termasuk Tirol. Ernest mengambil pemerintahan di Stiria, dll. Frederick hanya berusia 20 tahun namun ia bertanggung jawab atas Tirol. Leopold ditinggalkan dengan tanggung jawab wilayah Austrian Selanjutnya, bersama dengan posisi kepala keluarga.

Pada tahun 1406, Leopold mengambil alih perwalian keponakan mereka Albert V, yang mengakibatkan konflik dengan saudaranya Ernest.

Leopold meninggal dunia di Wina, Austria dan dimakamkan di Ducal Crypt di dalam katedral kota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Leopold III
Adipati Austria Selanjutnya
1386–1411
bersama dengan
William sampai 1406
Diteruskan oleh:
Frederick IV