Leone Sextus Denys Oswolf Fraudatifilius Tollemache-Tollemache de Orellana Plantagenet Tollemache-Tollemache

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kapt. Leone Sextus Denys Oswolf Fraudatifilius Tollemache-Tollemache de Orellana Plantagenet Tollemache-Tollemache (lahir di Lincolnshire, 10 Juni 1884 – meninggal 20 Februari 1917 pada umur 32 tahun) ialah seorang perwira di British Army yang tewas selama Perang Dunia I.

Leone adalah anak ke-6 dari seorang pendeta eksentrik bernama Ralph William Lyonel Tollemache-Tollemache. Ia adalah anak ke-8 dari sejumlah banyak anak Ralph dari isterinya yang ke-2, Dora Cleopatra Maria Lorenza de Orellana. Sama seperti saudara dan saudarinya, ayahnya memberikan nama yang aneh, meskipun tak seekstrem salah satu kakaknya: Lyulph Ydwallo Odin Nestor Egbert Lyonel Toedmag Hugh Erchenwyne Saxon Esa Cromwell Orma Nevill Dysart Plantagenet Tollemache-Tollemache.

Kesalahan pemahaman umum ialah bahwa Leone memiliki marga Inggris terpanjang dalam catatan, ataupun marga Inggris dengan marga ganda terpanjang. Marganya saat lahir adalah Tollemache-Tollemache, ayahnya telah menggandakan marga aslinya Tollemache, setelah pernikahannya yang ke-2. De Orellana diturunkan dari leluhur isteri Ralph dan bukan merupakan nama marga, melainkan nama depan. Tollemache-Tollemache yang pertama juga dipandang sebagai nama depan tak umum daripada bagian marganya. Ia adalah anak ke-6 Ralph, sehingga dinamai Sextus. Leone mengulangi pola yang umum pada nama kakaknya (Lyonel, Lyonesse, Lyulph, Lyona, Leo, Lyonella and Lyonetta). Dalam prakteknya, Leone memendekkan namanya menjadi Leone Sextus Tollemache.

Ia bergabung dengan Angkatan Darat Britania Raya, masuk ke Royal Military College, Sandhurst, Berkshire, pada tahun 1902. Ia ditugaskan ke Resimen Leicestershire pada tahun 1903. Sebelum PD I, ia bertugas di Raj Britania (kini India) dan Mainistir Fhear Maí, Irlandia.

Ia menikah dengan seorang wanita Irlandia, Kathleen Mary Mills (puteri Joseph Mills dan Charlotte Bloomfield), di Acomb, Yorkshire pada tanggal 23 April 1914. Mereka berbulan madu di Mainistir Fhear Mai. Anaknya Denys Herbert George, lahir pada tanggal 12 Januari 1915 di White House, Acomb. Ketika melahirkan, Kathleen meninggal.

Pada saat pecahnya Perang Dunia Pertama, ia dikirim ke Perancis di kapal uap SS Braemar Castle milik Union-Castle Line pada bulan September 1914. Ia menjaga buku harian pribadi yang bertutur tentang pengalamannya. Kakaknya Leo juga bertugas di Perancis, dalam Batalyon I Resimen Lincolnshire. Kakaknya hilang, kemungkinan terbunuh, pada tanggal 1 November 1914. Badannya tak pernah ditemukan. Ia diperingati di Menin Gate.

Pada tahun 1916, Leone disokong untuk berdinas sebagai mayor brigadir di Brigade Infantri III Australia dari Divisi I Australia setelah disebarkan kembali dari Gallipoli ke Somme. Ia meninggal dalam dinas aktif akibat flu. Ia dimakamkan di pemakaman perang di Dernancourt, Perancis.

Rujukan[sunting | sunting sumber]