Leo dari Tripoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Penjarahan Thessalonica tahun 904.

Leo dari Tripoli (bahasa Yunani: Λέων ὸ Τριπολίτης) adalah seorang bajak laut Yunani yang melayani Arab pada awal abad ke-10.

Leo lahir di atau di dekat Attaleia, ibukota Theme Cibyrrhaeot, dan ditangkap saat terjadinya penjarahan Arab. Saat disekap, ia pindah agama menjadi Islam.[1] Nama Arabnya adalah Rašiq al-Wardāmī, namun dalam sumber Arab ia disebut Ġulām Zurāfa, "pelayan Zurafa", yang jelas merupakan nama dari pemilik Muslim pertamanya. Alexander Vasiliev menginterpretasi Wardāmī sebagai pertanda bahwa Leo adalah seorang Mardaite.[2]

Pada 31 Juli 904, Leo menjarah Antâliya atau Thessalonika. Ia membebaskan 4.000 tawanan Muslim dan merebut 60 kapal;[3] peristiwa yang dicatat oleh John Kaminiates. Pada tahun 907, ia mengancam ibukota Romawi Timur, Konstantinopel. Pada Mei 912, Leo bersama dengan Damian dari Tarsus mengalahkan Himerios sebagai balasan atas serangan terhadap Arab di Siprus. Akhirnya, pada tahun 923, angkatan laut kekaisaran di bawah kepemimpinan patrikios John Rhadenos mengalahkan armada Leo di Lemnos. Leo menghilang setelah peristiwa ini, kemungkinan karena tewas dalam pertempuran.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vasiliev (1968), hal. 163
  2. ^ Vasiliev (1968), p. 163 (Note 2)
  3. ^ Faith and sword: a short history of Christian-Muslim conflict By Alan G. Jamieson, hal.32

Referensi[sunting | sunting sumber]