Lengkiti, Ogan Komering Ulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lengkiti
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Selatan
KabupatenOgan Komering Ulu
Pemerintahan
 • CamatSahlam, BA
Populasi
 • Total31,212 jiwa (2.008) jiwa
Kode Kemendagri16.01.28
Kode BPS1601052
Desa/kelurahan22

Lengkiti adalah kecamatan yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Indonesia.

Mayoritas penduduk yang tinggal atau bermukim di kecamatan ini bermata-pencaharian sebagai petani. Adapun sistem pertanian yang diterapkan oleh mereka adalah berkebun, seperti karet dan kopi. Kecamatan lengkiti adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang banyak menghasilkan getah damar, rotan serta buah-buahan seperti duku, rambutan, durian, manggis dan hasil hutan lainnya.

Sebagian besar penduduknya adalah suku Daya/Komering Daya, tetapi terdapat pula sebagian kecil orang-orang pendatang dari luar wilayah yang bersuku Melayu Ogan dan Melayu Palembang maupun yang berasal dari luar provinsi seperti Jawa dan Lampung. Kecamatan Lengkiti adalah salah satu dari 2 kecamatan di kabupaten Ogan Komering Ulu yang mayoritas bersuku Komering, 1 kecamatan lagi ialah kecamatan Sosoh Buay Rayap yang membedakan ialah kecamatan Lengkiti dihuni oleh sub-suku Komering Daya sedangkan kecamatan Sosoh Buay Rayap mayoritas dihuni oleh masyarakat dari sub-suku Komering Betung. Bahasa yang digunakan oleh masayarakatnya adalah Bahasa Daya, yang merupakan salah satu dialek dari bahasa Komering. Agama yang dianut oleh penduduk setempat sebagian besar adalah Islam, namun ada pula agama-agama lainnya seperti Kristen, Buddha, Hindu yang dianut oleh para pendatang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kabupaten Ogan Komering Ulu Dalam Angka 2023. Kabupaten Ogan Komering Ulu: BPS Kabupaten Ogan Komering Ulu. 2023. hlm. 8. ISSN 0215-3939. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]