Lempeng Sunda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Lempeng Sunda dan lempeng-lempeng di sekitarnya

Lempeng Sunda adalah sebuah lempeng tektonik yang berlokasi di Asia Tenggara dan umumnya dianggap sebagai bagian dari Lempeng Eurasia. Lempeng Sunda mencakup Laut Cina Selatan, Laut Andaman, bagian selatan dari Vietnam dan Thailand bersama-sama dengan Malaysia dan pulau-pulau Kalimantan, Sumatra, Jawa, serta Sulawesi di Indonesia, dan juga barat daya kepulauan Filipina dan Palawan serta Kepulauan Sulu.

Lempeng Sunda berbatasan di timur dengan Sabuk Bergerak Filipina, Zona Tumbukan Laut Maluku, Lempeng Laut Maluku, Lempeng Laut Banda dan Lempeng Timor; di selatan dan barat dengan Lempeng Australia; dan diutara dengan Lempeng Burma, Lempeng Eurasia; dan Lempeng Yangtze.

Batas-batas di bagian timur, selatan dan barat Lempeng Sunda rumit secara tektonik dan aktif secara seismik. Hanya batas bagian utara yang relatif diam.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Bird, P. (2003) An updated digital model of plate boundaries, Geochemistry Geophysics Geosystems, 4(3), 1027, doi:10.1029/2001GC000252. [1] also available as a PDF file (13 mb) [2]