Suku Lembak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lembak)
Langsung ke: navigasi, cari
Lembak
Jumlah populasi
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Bengkulu Utara
Rejang Lebong
Kepahiang
Bahasa
Lembak
Indonesia
Melayu
Agama
Islam
Kelompok etnik terdekat
Suku Rejang
Suku Serawai
Suku Pasemah

Suku Lembak adalah suku bangsa yang pemukimannya tersebar di kota Bengkulu, Bengkulu Utara, kabupaten Bengkulu Tengah, kabupaten Rejang Lebong, dan kabupaten Kepahiang. Suku Lembak di kabupaten Rejang Lebong bermukim di kecamatan Padang Ulak Tanding, Sindang Kelingi, dan Kota Padang. Di kabupaten Kepahiang, suku Lembak mendiami desa Suro Lembak di kecamatan Ujan Mas.suku lembak juga mendiami wilayah daerah Kota Lubuklinggau dan Kabupaten musi rawas yang berada di Provinsi Sumatera Selatan

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Suku Lembak tidak jauh berbeda dengan masyarakat Melayu pada umumnya, namun dalam beberapa hal terdapat perbedaan. Jika ditinjau dari segi bahasanya, suku Lembak dengan Melayu Bengkulu (pesisir) terdapat perbedaan dari segi pengucapan kata-katanya, Melayu Bengkulu kata-katanya banyak diakhiri dengan huruf 'o' sedangkan suku Lembak banyak menggunakan huruf 'e', selain itu ada kosakata yang berbeda.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Suku Lembak adalah pemeluk agama Islam sehingga budayanya banyak bernuansakan Islam, disamping itu masih ada pengaruh dari kebudayaan lainnya. Dari sisi adat-istiadat antara Melayu Bengkulu dan suku Lembak ada terdapat kesamaan dan juga perbedaan, ada hal-hal yang terdapat dalam Melayu Bengkulu tidak terdapat dalam masyarakat Lembak, dan sebaliknya. Secara garis besar, kebudayaan Melayu mendominasi kebudayaan suku Lembak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]