Lembah Ela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lembah Ela dilihat dari puncak Tel Azeka.

Lembah Ela (Inggris: Valley of Elah, atau Ella Valley; Lembah Tarbantin, Inggris: "the valley of the terebinth";[1] Ibrani: עמק האלה Emek HaElah; bahasa Arab: Wadi es-Sunt), disebut demikian karena pohon-pohon tarbantin (Pistacia atlantica; terebinth) besar dan rindang yang asli di sana. Lembah ini terkenal karena dicatat di Alkitab sebagai lokasi perkemahan bangsa Israel ketika Daud berperang melawan Goliat (Kitab Samuel17:2,19). Letaknya dekat Azeka dan Sokho (1 Samuel 17:1). Di sisi barat lembah itu, dekat Sokho, ada satu pohon tarbantin kuno yang sangat besar, dengan tinggi 18,3 meter, lingkar batang sekitar 6 meter dan lebar kerindangan tidak kurang dari 25 meter. Pohon itu menandai sisi atas dari lembah ini, dan menjadi objek paling dikenali karena merupakan salah satu pohon tarbantin terbesar di area itu. Sebuah reruntuhan kota di atas bukit, Adulam, menjulang dari lembah pada sisi paling tenggara.

Pohon tarbantin (Pistacia atlantica) yang tumbuh di Lembah Ela, Israel.

Budaya kuno[sunting | sunting sumber]

Lembah Ela menjadi penting karena menunjukkan bahwa Israel lebih dari sekadar suku kecil pada masa Raja Daud. Di Khirbet Qeiyafa, barat daya Yerusalem di Lembah Ela, Prof. Yosef Garfinkel menemukan kota berkubu dari zaman Besi IIa, bertarikh antara 1050 dan 915 SM. Adanya pertahanan ini mendukung catatan Alkitab mengenai Kerajaan Bersatu di permulaan Zaman Besi II.[2]

Lembah Ela, musim semi 2010

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Rujukan mengenai "Lembah Ela" terdapat hanya dalam Kitab 1 Samuel, dalam Alkitab bahasa Indonesia versi Terjemahan Baru dipakai istilah "Lembah Tarbantin". Seluruhnya termuat dalam 3 ayat:

  • 1 Samuel 17:2: Saul dan orang-orang Israel juga berkumpul dan berkemah di Lembah Tarbantin; mereka mengatur barisan perangnya berhadapan dengan orang Filistin
  • 1 Samuel 17:19: Saul dan mereka itu dan semua orang Israel ada di Lembah Tarbantin tengah berperang melawan orang Filistin."
  • 1 Samuel 21:9: Kemudian berkatalah imam itu: "Pedang Goliat, orang Filistin, yang kaupukul kalah di Lembah Tarbantin, itulah yang ada di sini, terbungkus dalam kain di belakang efod itu. Jika engkau hendak mengambilnya, ambillah; yang lain tidak ada, hanya ini." Kata Daud: "Tidak ada yang seperti itu; berikanlah itu kepadaku."

Flora[sunting | sunting sumber]

Ada banyak fauna asli di Lembah Ela. Berikut adalah sejumlah tumbuhan yang terkenal (pohon, bunga, semak) yang dapat dilihat di lembah itu:

Fauna[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah sejumlah spesies binatang yang merupakan fauna asli di Lembah Ela:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elah, Langenscheidt's Hebrew Dictionary, Dr Karl Feyerabend
  2. ^ Govier, Gordon "Archaeology: What an Ancient Hebrew Note Might Mean" Christianity Today 1/18/2010 [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 31°41′25.10″N 34°57′07.70″E / 31.6903056°N 34.9521389°E / 31.6903056; 34.9521389