Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama
Pembentukan 07 April 1985
Jenis Organisasi
Tujuan Lembaga Nahdlatul-Ulama
Kantor pusat DKI Jakarta, Indonesia
Wilayah layanan Indonesia
Direktur [ Muhamad Hasyim ]
Situs web Situs resmi

Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama atau biasa disingkat LAKPESDAM NU merupakan organisasi yang bekerja untuk program pemberdayaan masyarakat. Lembaga ini salah satu perangkat organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang mendapat mandat menyelenggarakan program kajian, penelitian, pendidikan, pelatihan, penerbitan dan pusat dokumentasi NU dalam rangka khidmat NU dan proses mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berkeadilan dan demokratis. LAKPESDAM didirikan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada 7 April 1985/16 Rajab 1405 di Jakarta bertepatan dengan Harlah NU ke 61.

Keberadaan Lakpesdam sebagai upaya implementasi gagasan kembali ke Khittah yang diamanahkan pada Muktamar ke 27 di Situbondo. Diawali dengan perbincangan tentang pentingnya membuat konsep Pengembangan SDM NU (PSDM NU).

Konsep pengembangan sumber daya manusia muncul pasca Munas Alim Ulama di Situbondo, 1983. Ketika itu, kegerahan beberapa kader NU terhadap perjalanan NU yang terlalu politis. Keterlibatan NU di dunia politik menyebabkan agenda sosial-keagamaan NU terabaikan. Munas Alim Ulama Situbondo memberikan pesan, mengembalikan peran NU pada Khittah 1926 sebagaimana cita-cita dasar organisasi ini didirikan. Yakni mengarahkan peran dan program NU pada usaha pengembangan masyarakat.

Dan pada Muktamar NU ke 27 1984 di Situbondo gagasan kembali pada Khittah mendapat penegasaanya. Ketua PBNU terpilih KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) langsung menyiapkan tim merumuskan konsep pengembangan sumber daya manusia. Saat itu ada empat alasan mengapa konsep PSDM itu penting. Petama; kualitas SDM rata-rata penduduk Indonesia masih rendah dan perlu ditingkatkan. Kedua; perlu menguatkan dan memperluas peran serta NU dalam upaya pengembangan SDM sebagai salah satu khidmahnya. Ketiga; peran serta NU dalam upaya PSDM perlu didasarkan atas suatu konsepsi dan dituangkan dalam program operasional yang jelas. Keempat; peningkatan kualitas SDM menempati kedudukan yang strategis dalam peningkatan kualitas masyarakat.

Konsep PSDM itulah perpanjangan dari konsep atau ajaran Ahlusunnah Wal Jamaah, Khittah NU dan Mabadi Khaira Ummah. Ketiga ajaran itu sebagai pilar NU dan diharapkan konsep PSDM menjadi pilar lanjutan atau pilar ke-4. Yakni mencakup adanya acuan ikhtiar aktualisasi terhadap muatan-muatan yang terkandung dalam ketiga pilar sebelumnya dalam hubungannya dengan program PSDM NU.

Alamat[sunting | sunting sumber]

LAKPESDAM NU beralamat di: Jl. H. Ramli No. 20 A RT 002/03 Menteng Dalam, Tebet Jakarta Selatan 12870

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]