Legian, Kuta, Badung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Legian
Kelurahan
Negara  Indonesia
Provinsi Bali
Kabupaten Badung
Kecamatan Kuta
Luas 305 Ha
Penduduk -
Kepadatan -

Legian adalah kelurahan di kecamatan Kuta, Badung, Bali, Indonesia.

Ciri khas desa adalah mereka memiliki kawasan yang disebut dengan:

  • Parahyangan
  • Pawongan
  • Palemahan


Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Utara : Seminyak
  2. Selatan : Kuta
  3. Barat : [ Samudera Hindia ]
  4. Timur : [ Denpasar Barat ]

Pembagian kampung[sunting | sunting sumber]

Terdiri dari 3 banjar adat, yaitu:

  1. Banjar Legian Kaja
  2. Banjar Pekandelan
  3. Banjar Legian Kelod

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Kelurahan Legian dipimpin oleh Kompyang Gde Wibawa. Sedangkan Bendesa Adat dipimpim oleh I Gusti Ngurah Sudiarsa


Untuk Parahyangan di Legian ada beberapa Pura yaitu Pura Agung, Pura Puseh, Pura Desa, Pura Dalem Kahyangan dan Pura Penataran. Di samping itu juga ada beberapa pura Pemaksan seperti Pura Bagus Teruna, Pura Segara Bena, Pura Batan Ae, Pura Batu Pageh, Pura Uluwatu, Pura Melanting, Pura Ulun Tanjung.

Untuk memberikan pendidikan kepada anak anak ada sebuah Taman Kanak Kanak yg bernama TK Karang Kemanisan Legian, dan untuk memberikan pendidikan agama ada sebuah Pesraman yg bernama Pesraman Santi Wana yg berada di area Pura Puseh.

Untuk Memberdayakan ekonomi warga Desa, Desa Legian mempunyai satu unit usaha simpan pinjam berupa LPD yang sudah berdiri sejak 1985, oleh Bapak Gubernur Bali saat itu Alm. Bpk Ida Bagus Mantra dan Kelian Desa saat itu masih Alm. Bpk Wayan Sekur. Selain LPD, juga ada unit usaha lainnya seperti Pasar Pagi, Pasar Seni. Sekarang sedang dirintis sebuah badan usaha yg menglingkupi semua unit usaha tersebut yaitu Badan Usaha Milik Desa.


Pemberdayaan masyarakat tidak hanya di bidang Agama dan Ekonomi, juga di bidang kesehatan. Desa Legian mempunyai beberapa unit Olah Raga yang bernaung dalam satu unit yang bernama BIRLIAN. Adapun olahraga yang bernaung dibawahnya yaitu : Sepak Bola, Bola Volly, Karate, Bulutangkis, Tenis Meja


Tempat wisata satu satunya di Legian hanyalah Pantai Legian dengan ombak yg bisa mencapai ketinggian 3 meter sehingga bagus berselancar. Legian punya peeselancar yang sudah mendunia yaitu Nengah Kasim yang sekarang menjadi Pemangku / pemimpin Sembahyang di Pura Puseh.

Selain organisasi Desa dan Banjar, ada beberapa organisasi yang melibatkan para pemuda dan sejumlah warga yang punya kesamaan hobby.

Organisasi Pemuda yaitu, Manggala Wijaya yang mewadahi semua anggota Pemuda Pemudi di wilayah Legian, Manggala Sunu, organisasi / sekaa yg mewadahi Pemuda dan Pemudi untuk wilayah Legian Kaja, Wija Adnya untuk wilayah Pekandelan Legian Tengah dan Jaya Dharma untuk wilayah Legian Kelod.

Disamping itu ada juga sekaa kesenian dan gegitaan

Hiburan malam[sunting | sunting sumber]

Jalan Legian sangat terkenal dengan adanya beberapa bar dan beberapa cafe terkenal. Beberapa Bar atau pun Cafe yang terkenal di Jalan Legian adalah, - Skygarden Bali (61 Legian) - Engine Room - Bounty Discotique - Apache Bar - Vi Ai Pi disini banyak tourist yang bebas memasuki bar semacam diatas , dan dengan tempat yang terbuka para pelayan menawarkan menu yang menggiur kepada setiap tourist , dilegian ada banyak bar dan penjual seperti penjual sandal , tas , dan aksesoris lainnya . biasanya daerah ini sebagian besar diminati TOURIST karena mereka menganggap didaerah LEGIAN adalah tempat yang lumayan murah .. namun bagi wisatawan LOKAL harga disekitar daerah tersebut SANGAT melambung ..