Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Legend of the Guardians)
Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole
Poster film Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole
SutradaraZack Snyder
ProduserZareh Nalbandian
Ditulis olehJohn Orloff
Emil Stern
Berdasarkan
Guardians of Ga'Hoole
oleh Kathryn Lasky
PemeranHelen Mirren
Geoffrey Rush
Jim Sturgess
Hugo Weaving
Emily Barclay
Abbie Cornish
Ryan Kwanten
Anthony LaPaglia
Miriam Margolyes
Sam Neill
Richard Roxburgh
David Wenham
Penata musikDavid Hirschfelder
PenyuntingDavid Burrows
Perusahaan
produksi
Village Roadshow Pictures[1]
Animal Logic[1]
Cruel and Unusual Films[1]
GOG Productions[2]
DistributorWarner Bros. Pictures
(Amerika Serikat)[2]
Roadshow Entertainment
(Australia)[3]
Tanggal rilis
  • 24 September 2010 (2010-09-24) (Amerika Serikat)
  • 30 September 2010 (2010-09-30) (Australia)
Durasi101 menit[4]
NegaraAmerika Serikat
Australia
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$80 juta[5]
Pendapatan
kotor
$140.073.390[6]

Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole adalah film animasi fantasi tahun 2010 yang disutradarai oleh Zack Snyder dan diproduseri oleh Zareh Nalbandian. Naskah film ini ditulis oleh John Orloff dan Emil Stern berdasarkan seri buku Guardians of Ga'Hoole karya Kathryn Lasky. Film ini diisi oleh suara Helen Mirren, Geoffrey Rush, Jim Sturgess, Hugo Weaving, Emily Barclay, Abbie Cornish, Ryan Kwanten, Anthony LaPaglia], Miriam Margolyes, Sam Neill, Richard Roxburgh dan David Wenham.

Film Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 24 September 2010 dan di Australia pada tanggal 30 September 2010. Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Soren (Jim Sturgess), seekor burung hantu serak jawa, tinggal di Tyto Forest di Illinois bersama keluarganya yang terdiri dari ayahnya, Noctus (Hugo Weaving), ibunya, Marella (Essie Davis), kakak laki-lakinya, Kludd (Ryan Kwanten), adik perempuannya, Eglantine (Adrienne DeFaria) dan Mrs. P (Miriam Margolyes), seekor ular buta yang baik hati sekaligus pelayan keluarga Soren. Soren senang mendengarkan cerita Noctus tentang "Legends of Ga'Hoole", yang merupakan cerita mitos para burung hantu prajurit yang dikenal sebagai Sang Penjaga yang berperang melawan the Pure Ones. Kludd mencaci-maki mimpi Soren karena ia bosan mendengarkan cerita ayahnya. Saat ayah mereka mengajari mereka langkah pertama untuk terbang, Kludd sangat iri dengan Soren dalam bakat bercabang. Kemudian, saat berlatih bercabang saat orang tua mereka berburu, Kludd mendorong Soren dari ranting yang memaksa mereka berdua jatuh ke tanah. Mereka berdua diserang oleh setan tasmania (yang melukai wajah Kludd) dan selamat, lalu mereka diculik oleh dua burung hantu, Jatt (Leigh Whannell) dan Jutt (Angus Sampson), yang bekerja untuk the Pure Ones.

Sepanjang jalan, lebih banyak burung hantu yang diketahui telah diculik. Soren bertemu Gylfie (Emily Barclay), seekor burung hantu elf betina muda yang juga diculik. Di St. Aegolius, para burung hantu disambut oleh ratu the Pure Ones, Nyra (Helen Mirren), yang mengatakan bahwa mereka akan dibagi menjadi tentara atau "pemetik". Saat Soren dan Gylfie melawan, mereka dipilih sebagai pemetik, sedangkan Kludd, yang sangat mengagumi Nyra, mengkhianati Soren dan dipilih menjadi tentara. Soren dan Gylfie menghindari "kedipan bulan" (keadaan katatonik yang disebabkan oleh tidur di bawah bulan purnama) sementara para burung hantu lain tidak mengetahuinya dan menjadi kedipan bulan. Mereka dipaksa untuk "memilih" dan mencari potongan-potongan "flek" logam, yang digunakan untuk membuat senjata super. Mereka ditemukan oleh Grimble (Hugo Weaving), seekor burung hantu boreal, yang mengungkapkan bahwa ia bekerja di bawah the Pure Ones hanya untuk menjaga keluarganya tetap aman dan bahwa ia sama sekali bukan pengikut setia the Pure Ones. Grimble mengajari mereka berdua terbang, tetapi Nyra mengetahuinya saat datang untuk mengajak Soren menjadi tentara. Kludd memutuskan untuk tetap bersama the Pure Ones, meskipun Soren meminta Kludd untuk ikut bersamanya. Grimble dan Nyra terlibat dalam pertempuran hingga Grimble terbunuh. Mengikuti instruksi Grimble untuk mencari Pohon Besar Ga'Hoole dan memperingatkan Sang Penjaga, Soren dan Gylfie terbang keluar dari markas the Pure Ones. Sepanjang perjalanan, mereka berdua bertemu Twilight (Anthony LaPaglia), seekor burung hantu kelabu, dan Digger (David Wenham), seekor burung hantu penggali, lalu mereka berempat beristirahat di lubang. Soren bertemu kembali dengan Mrs. P yang dibawa oleh Twilight saat ia menangkap Mrs. P untuk makan malam ketika ia mencari Soren dan Kludd. Mrs. P setuju pergi bersama mereka untuk menemukan Sang Penjaga.

Mereka terbang menuju laut Hoolemere di mana sekawanan burung gagak pengacau memandu mereka ke kuil legendaris dan gerbang Sang Penjaga, yang dijaga oleh seekor landak semut (Barry Otto), yang memberikan kwintet dan panduan yang lucu dan akurat ke tujuan pencarian mereka. Landak semut itu mengirim mereka ke laut untuk menemukan pulau Ga'Hoole. Selama penerbangan, mereka menghadapi badai yang dahsyat dan sayap Digger membeku, menyebabkan ia hampir tenggelam di laut, tetapi mereka diselamatkan oleh Boron (Richard Roxburgh) dan Barran (Deborra-Lee Furness), raja dan ratu Penjaga yang membawa mereka kembali ke Pohon Ga'Hoole. Di sana, Soren memberitahu dewan Penjaga tentang rencana the Pure Ones. Sang Penjaga mulanya skeptis, tetapi seekor burung hantu tua bernama Ezylryb (Geoffrey Rush) yakin dengan ketulusan Soren. Boron mengirim burung hantu abu-abu besar bernama Allomere (Sam Neill) dengan dua pengintai untuk menyelidiki St. Aegolius.

Mereka diketahui berlindung di Pohon Besar Ga'Hoole, dipandu oleh pengajar Sang Penjaga bernama Otulissa (Abbie Cornish), seekor burung hantu bertelinga pendek. Soren mulai menaruh hati padanya hingga Gylfie kesal. Mereka kemudian dikirim untuk menghadiri kelas yang berbeda yang disebut "kunyahan". Dalam satu pelajaran di tengah badai hujan, Soren berusaha menahan "terbang murni dengan naluri", tetapi ia kehilangan kendali dan jatuh ke laut. Ezylryb menyelamatkannya dan memerintahkan Soren kembali ke lubang. Di sana, Soren mengetahui bahwa Ezylryb sebenarnya adalah pahlawan terkenal Lyze dari Kiel, pemimpin legendaris dari Sang Penjaga yang melawan dan mengalahkan Metal Beak (Joel Edgerton), pemimpin lama dari the Pure Ones sekaligus pasangan Nyra, tetapi Soren merasa gelisah ketika ia mengetahui bahwa pahlawannya adalah veteran pertempuran yang mencemooh masa lalunya sendiri. Allomere kembali dari misi pengintaiannya dengan berita bahwa dua pengintainya terbunuh dalam sebuah penyergapan. Allomere membawa kembali dua burung hantu yang terkena "kedipan bulan", salah satunya adalah Eglantine. Melihat buktinya, Sang Penjaga mengatur pertempuran dan terbang menuju St. Aegolius. Sebelum pergi, Ezylryb menyuruh Soren yang gelisah untuk merawat adiknya. Ketika sang adik akhirnya tersadar dari "kedipan bulan", Eglantine memberitahu Soren bahwa Kludd yang mengedipkan matanya dan memberikannya kepada Allomere, membenarkan bahwa Allomere adalah pengkhianat dan bahwa Sang Penjaga benar-benar terbang ke dalam jebakan. Soren, Gylfie, Digger dan Twilight kemudian mengikuti Sang Penjaga di mana mereka menemukan Sang Penjaga ditundukkan oleh "flek" yang dikontrol oleh para kelelawar.

Twilight, Gylfie dan Digger menangkis para kelelawar yang dikirim oleh Metal Beak untuk membunuh Sang Penjaga yang lumpuh. Hal ini menyebabkan Metal Beak tidak mempercayai Allomere. Percaya bahwa Allomere berbohong kepada Metal Beak tentang janjinya untuk membawa semua anggota Sang Penjaga, ia menyuruh para kelelawar untuk menyeret Allomere ke dalam kegelapan dan membunuhnya. Sementara itu, Soren terbang melalui hutan yang telah terbakar, menyalakan lampu minyak dan berhasil mematikan perangkap "flek". Bebas dan pulih, Sang Penjaga terbang ke medan perang dan Ezylryb langsung menuju Metal Beak, di mana ia bersama Nyra mulai mengalahkan Ezylryb. Soren terbang ke pertempuran dan melihat Kludd, tetapi Kludd menyerangnya dan melemparkannya ke dalam api hutan. Mereka berdua saling menyerang saat Soren mencoba untuk berbicara dengan Kludd, tetapi Kludd memberitahunya bahwa the Pure Ones percaya padanya tidak seperti yang lainnya dan bahwa Metal Beak telah memberinya keyakinan bahwa yang kuat akan menang, yang hancur akan keluar dari kesengsaraan mereka dan kehormatan itu hanyalah kata lain untuk kelemahan sebelum ia menyerang Soren, menyebabkan mereka jatuh dari pohon. Terluka, Kludd mencoba mengelabui Soren agar membantunya, tetapi saat Soren mencoba membantunya, Kludd menyerangnya lagi dan ranting pohon patah, menyebabkan Kludd jatuh ke dalam api dan menghilang, tampaknya terbunuh. Marah melihat kematian dan pengkhianatan Kludd, Soren meraih ranting yang terbakar dan menyerang Metal Beak, tetapi prajurit jahat itu dengan mudah mengalahkan Soren. Namun, kepercayaan diri Metal Beak yang berlebihan membuktikan kehancurannya dan saat ia hendak menyerang Soren, Soren menikam Metal Beak dengan ranting yang menyala, membunuhnya. Nyra, terkejut dengan kematian pasangannya, mundur dengan anggota the Pure Ones yang tersisa, bersumpah akan membalas dendam pada mereka.

Ketika mereka kembali ke pohon, Soren dan Eglantine dipertemukan kembali dengan orang tua mereka, yang baru saja tiba. Soren, Gylfie, Twilight dan Digger kemudian disambut dan diinisiasi sebagai Sang Penjaga baru. Beberapa waktu kemudian, Soren menceritakan kisah itu kepada sekelompok burung hantu, mengungkapkan bahwa Nyra masih di luar sana bersama para anggota the Pure Ones. Ia juga mengungkapkan bahwa mayat Kludd tidak pernah ditemukan. Sementara itu, di balik sisa-sisa ngarai yang berasap, sosok bayangan dengan mata merah menyala (kemungkinan besar Kludd yang selamat dari kobaran api) tampak melihat mayat dan topeng Metal Beak. Film ini berakhir dengan Soren, Gylfie, Twilight dan Digger bersama Ezylryb terbang ke badai lain.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

  • Jim Sturgess sebagai Soren
  • Emily Barclay sebagai Gylfie
  • Ryan Kwanten sebagai Kludd
  • David Wenham sebagai Digger
  • Anthony LaPaglia sebagai Twilight
  • Helen Mirren sebagai Nyra
  • Geoffrey Rush sebagai Ezylryb / Lyze of Kiel
  • Joel Edgerton sebagai Metal Beak
  • Hugo Weaving sebagai Noctus dan Grimble
  • Adrienne DeFaria sebagai Eglantine
  • Miriam Margolyes sebagai Mrs. Plithiver "P"
  • Sam Neill sebagai Allomere
  • Sacha Horler sebagai Strix Struma
  • Abbie Cornish sebagai Otulissa
  • Richard Roxburgh sebagai Boron
  • Essie Davis sebagai Marella
  • Deborra-Lee Furness sebagai Barran
  • Barry Otto sebagai landak semut
  • Angus Sampson sebagai Jutt
  • Leigh Whannell sebagai Jatt
  • Bill Hunter sebagai Bubo
  • Gareth Young sebagai Pete

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 52%, berdasarkan 132 ulasan, dengan rating rata-rata 5,7/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 53 dari 100, berdasarkan 21 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[8] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[9]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole mendapatkan $55.675.313 di Amerika Utara dan Kanada dan $84.398.077 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $140.073.390, melebihi anggaran produksi film $80 juta.[6]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $16.112.211, menempati posisi kedua di box office di belakang film Wall Street: Money Never Sleeps.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c ""Owls of Ga'Hoole" swoop into movie with Aussie accents". September 23, 2010 – via www.reuters.com. 
  2. ^ a b "Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole (2010)". AFI Catalog of Feature Films. Diakses tanggal November 6, 2018. 
  3. ^ "Film Distribution - Village Roadshow". Diakses tanggal January 28, 2020. 
  4. ^ "Legend Of The Guardians - The Owls Of Ga'hoole (PG)". British Board of Film Classification. October 18, 2010. Diakses tanggal January 2, 2021. 
  5. ^ Fritz, Ben (September 23, 2010). "Movie projector: 'Wall Street' and 'Guardians' to battle for No. 1 as 'You Again' lags". Los Angeles Times. Tribune Company. Diakses tanggal September 23, 2010. 
  6. ^ a b c "Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole (2010)". Box Office Mojo. Diakses tanggal May 15, 2011. 
  7. ^ "Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole (2010)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal January 2, 2021. 
  8. ^ "Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole reviews". Metacritic. Diakses tanggal January 2, 2021. 
  9. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]