Leerdammer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leerdammer
Leerdammer kaas.jpg
Nama lain Maasdammer
Negara asal Belanda
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Keras
Kadar lemak 45%
Waktu pematangan 5 minggu
Sertifikasi Tidak[1]

Leerdammer adalah salah satu versi keju Maasdam dari Belanda yang diproduksi dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi.[1] [2] Selain Leerdammer, keju Maasdam juga dijual dengan merek lain seperti Ronduer, Goyweter, dan Fricotal.[2] Keju Leerdammer diproduksi di daerah Zuid-Holland.[2] Keju ini memiliki kesamaan dengan keju Emmental dalam hal banyaknya lubang-lubang besar pada bagian dalam keju.[1] Namun, volume keju ini lebih kecil dibandingkan dengan keju Emmental dari Swiss.[1] Menurut legenda, pembuat keju ahli ingin membuat keju seperti keju Gouda tetapi memiliki aroma seperti keju Emmental.[1] Akhirnya terciptalah keju Leerdammer.[1] Keju ini memiliki waktu pematangan yang lebih cepat dibandingkan dengan keju Gouda ataupun keju Emmental.[1] Berat dari keju ini berkisar antara 6 hingga 12 kilogram.[2] Keju Leerdammer memiliki kulit yang tipis dan berwarna kuning yang dilindungi oleh zat malam.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 158-159.
  2. ^ a b c d (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 108.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]