Lee Jong Hyun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lee Jong Hyun
Lee Jong Hyun performing in Thailand.jpg
Lee Jong Hyun dengan Gitar Carvinnya
Latar belakang
Nama lahir Lee Jong Hyun
Lahir 15 Mei 1990 (umur 23)
Busan, Korea Selatan
Genre Rock, Pop rock, Power pop, Indie, R&B, Blues-rock
Pekerjaan Gitaris, Penyanyi, Komposer, Aktor, Model
Instrumen Gitar, Piano, Gitar bass, Harmonika
Tahun aktif 2009-sekarang
Label F&C Music (Korea)
AI Entertainment Inc. (Jepang)
Artis terkait C.N.Blue
Situs web www.cnblue.co.kr
Korean name
Hangeul 이종현
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan I Jong-hyeon
McCune–Reischauer Yi Jŏnghyŏn

Lee Jong Hyun (이종현; pronounced [iː dʑoːŋ hjəːn]; lahir 15 Mei 1990; umur 23 tahun) adalah musisi, penyanyi dan aktor asal Korea Selatan. Ia adalah anggota CN BLUE.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lee Jong Hyun lahir pada tanggal 15 Mei 1990 di Busan, Korea Selatan. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan dua kakak perempuan. Dia tinggal di Busan sebelum keluarganya pindah ke Jepang ketika ia berumur empat tahun. Keluarganya pindah kembali ke Busan dan dia menyelesaikan sekolah dasar dan sekolah menengah di sana. Pencari bakat dari FNC Music mengunjungi Busan dan melihat Jong Hyun yang berada di jalanan. Mereka menyarankannya untuk segera mengikuti audisi di FNC Music. Dalam perjalanan audisi, ia bertemu dengan sesama member CN Blue Jung Yong Hwa di Stasiun Seoul. Kemudian mereka bertemu dengan Kang Min Hyuk , yang juga merupakan sesama anggota CN Blue di tempat mereka audisi[1]. Akhirnya hanya tiga dari mereka yang lolos audisi dan Jong Hyun memulai pelatihan bassnya di FNC Academy. Sebelum Lee Jong Hyun memulai karier bermusiknya, dia adalah seorang atlet judo yang memenangkan medali emas dalam pertandingan judo di antara para atlet di kampung halaman ketika ia duduk di sekolah menengah.

Karier Musik[sunting | sunting sumber]

Jong Hyun debut bersama CN Blue di Korea Selatan pada tanggal 14 Januari 2010 dengan single utama yang berjudul “I’m a Loner”. Sebelum itu, mereka telah memulai debut mereka sebagai sebuah band indie dimana Jong Hyun menjadi pemimpin di Jepang pada bulan Agustus 2009 [2]. Kemudian, Jung Yong Hwa mengambil alih tempatnya sebagai pemimpin ketika mereka debut sebagai sebuah band di Korea. Pada bulan Oktober 2011, mereka membuat debut mereka kembali di Jepang. Bersama dengan Jung Yong Hwa, ia telah membuat kontribusi yang signifikan untuk band dengan menulis lagu yang nantinya akan di rilis di Korea dan Jepang. Lagu yang telah ia ciptakan antara lain “Blind Love”, “Lie”, “Rain of Blessing”, “My Miracle”, “Come On”, “No More”, “These Day”, dan masih banyak lagi. Lagu-lagu yang ia tulis di sambut positif oleh penggemarnya. Pada tahun 2012, Lee Jong Hyun menyanyikan lagu “My Love” yang merupakan sebuah OST pada sebuah drama yang ditanyangkan oleh SBS yang berjudul “A Gentleman's Dignity“ yang juga ia bintangi. Lagu tersebut merupakan lagu pertama yang Jong Hyun rilis semenjak ia debut bersama dengan bandnya. “My Love” memperoleh peringkat tertinggi di berbagai tangga lagu digital selama berminggu-minggu dan menjadi satu dari OST Drama Korea paling popular pada tahun 2012 dan membuatnya memenangkan penghargaan dari Seoul Music Awads. Lee Jong Hyun dan rekan selabelnya, Juniel berkolaborasi untuk lagu duet yang berjudul “Love Falls” untuk proyek album yang berjudul “Romantic J”. Lagu tersebut diciptakan oleh Jong Hyun dan ditulis oleh Juniel [3]. Treaser untuk video musik mereka telah dirilis pada tanggal 5 Desember 2013 pada jam 12 malam. Sementara video musiknya akan dirilis pada tanggal 8 Desember 2013 di youtube melalui channel agensinya yang bernama The FNC Official. Di dalam video musiknya, mereka akan berakting sebagai pasangan kekasih yang sedang jatuh cinta.

Karier Akting[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2010, Lee Jong Hyun memulai debut aktingnya sebagai Kim Seong Won dalam sebuah film omnibus yang berjudul ”Acoustic” yang dirilis pada tanggal 28 Oktober 2010. Jong Hyun berating bersama rekan sesama bandnya, Kang Min Hyuk yang bermain sebagai saudara Kim Hae Won di bagian kedua film yang berjudul “Bakery Attack”. Film ini berceritakan tentang dua saudara yang sangat mencintai musik tetapi tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan itu. Kakaknya memutuskan untuk menjual gitarnya tetapi adiknta tidak sengaja menghilangkannya. Akhirnya mereka menemukan gitarnya di sebuah toko roti di Universitas Hongik dan mendapatkan wawasan baru tentang musik dari pemilik toko roti tersebut. Pada tanggal 27 Mei 2012, Jong Hyun membuat debut kecil dalam sebuah drama akhir pekan SBS yang berjudul A Gentleman's Dignity bersama Jang Dong Gun, Kim Ha Neul, Kim Min Jong, Kim Soo Ro dan Lee Jong Hyuk[4]. Di drama tersebut, ia berperan sebagai Collin. Pada bulan Juli 2013, Jong Hyun berkesempatan menjadi cameo sebagai Yang Young Woong dalam KBS Drama Spesial yang berjudul Adolescence Medley.


Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang Perusahaan Program Peran
28 Oktober 2010 Kino Eye | DMC Acoustic (Bakery Attack) Kim Seong Won

Drama[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang Perusahaan Program Peran
26 Mei 2012 SBS A Gentleman's Dignity Collin Black

Iklan[sunting | sunting sumber]

  • 2012: T.G.I. Friday's
  • 2012: CJ Olive Young
  • 2011: Scotch Puree 10 Berry (Thailand)
  • 2011: BangBang
  • 2011: Suit House
  • 2010: NII (Spring)
  • 2010: Holika Holika
  • 2010: Sony Ericsson Xperia (X10)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lee Jong Hyun Untold Stories". cnbluestorm. Diakses August 29, 2012. 
  2. ^ CN Blue's Japan major debut,dkpopnews.net, Retrieved 20 October 2011.
  3. ^ http://www.tenasia.com/archives/75674
  4. ^ "CNBLUE Lee Jong-hyun shoots 1st scene for new SBS TV series" 10 Asia. Retrieved 20 April 2012.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]