Lee (marga Korea)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lee (marga))
Langsung ke: navigasi, cari

Lee adalah marga yang umum di Korea setelah marga Kim. Kata Lee adalah romanisasi dari pengucapan asli Yi (). Di Korea Utara, marga Yi diromanisasikan menjadi Ri (). Apabila marga Yi Korea ditulis dalam Hanja, maka sama dengan marga Tionghoa, Li (李) yang artinya "prem").

Orang yang menyandang marga Lee di Korea Selatan berjumlah 6.796.227 jiwa menurut laporan sensus pada tahun 2000. Di Korea Utara dan perantauan pun marga Lee termasuk umum digunakan.

Deoksu[sunting | sunting sumber]

Pendiri dari Klan Deoksu Yi adalah Yi Dong-su, pejabat tinggi yang hidup di zaman Goryeo. Klan ini termasuk kelompok bangsawan (yangban) pada periode Dinasti Joseon. Tokoh-tokoh Deoksu Yi yang terkenal antara lain Laksamana Yi Sun-sin dan Yi I. Tempat asal Klan Deoksu Yi berada di Deoksu-hyeon, yang kini adalah Kaep'ung-gun, Kaesong.

Jinseong[sunting | sunting sumber]

Klan Jinseong didirikan oleh Yi Seok dari periode Goryeo. Klan Lee ini memiliki jumlah populasi yang lebih kecil, sekitar 60.000 jiwa. Salah satu tokoh terkenal dari klan ini antara lain, Yi Hwang.

Gyeongju[sunting | sunting sumber]

Leluhur pendiri klan Gyeongju Lee dicatat dalam Babad Samguk Sagi. Ia adalah Alpyeong, salah satu kepala suku yang memilih Bak Hyeokgeose sebagai raja pertama Silla. Yang pertama kali memberi marga Yi kepada keluarganya adalah Raja Yuri pada sekitar tahun 9 Masehi.

Tokoh terkenal:

Jeonju[sunting | sunting sumber]

Anggota marga Yi Jeonju di Jongmyo.

Yi Jeonju adalah marga Yi dengan jumlah anggota terbanyak. Pendirinya adalah Yi Han, orang Baekje yang meminang putri Silla dan akhirnya menjadi pejabat tinggi. Keturunannya yang ke-22, Yi Seong-gye adalah tokoh pendiri Dinasti Joseon.

Wangsa Yi Jeonju memerintah Korea selama 518 tahun (1392-1910).

Jikalau Dinasti Joseon masih berjaya, yang akan menjadi pemimpin adalah keturunan mereka yang sekarang, Haewon, sebagai Maharani.

Seongsan[sunting | sunting sumber]

Pendiri klan Yi Seongsan adalah ini adalah Sun Yu (純由), pejabat tinggi dari periode akhir Silla. Sepanjang periode Goryeo dan Joseon, banyak keturunannya yang menduduki tempat penting dalam pemerintahan. Sebanyak 75 orang lulus gwageo. Menurut laporan sensus Korea Selatan, 186.188 memiliki marga Lee dari Seongsan.

Klan lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]