Lasem Batik Carnival

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lasem Batik Carnival
[[Berkas:|220px]]
Informasi
Skala
Pendiri/penggagas
Berdiri-
PenyelenggaraKecamatan Lasem di Kabupaten Rembang
Jenis acaraKarnaval batik tematik
Rute/lokasiGapura Perumahan Madina Asri Jolotundo sampai Masjid Jami' Lasem
PesertaPelajar, mahasiswa, masyarakat umum
Websitehttp://rembangkab.go.id

Lasem Batik Carnival atau Karnaval Batik Lasem adalah sebuah even tahunan yang diadakan oleh pemerintah Kecamatan Lasem di Kabupaten Rembang dengan menggunakan batik sebagai bahan utama pembuatan kostum. Para peserta karnaval akan membuat kostum karnaval dengan tema-tema yang di tentukan. Para peserta[1] akan mengenakan kostumnya sendiri dan berjalan di atas catwalk yang berada di ruas jalan sepanjang 1 km dari Gapura Perumahan Madina Asri Jolotundo sampai Masjid Jami' Lasem. Karnaval ini diadakan setiap tahun pada bulan Juni sejak tahun 2013.

Peran[sunting | sunting sumber]

Peran serta dari pemerintah, pengusaha batik Lasem, seniman dan masyarakat Lasem juga besar dalam mensukseskan acara ini. Menurut Mas De yang juga menjadi panitia, para pengusaha Batik di Lasem banyak yang berperan dengan meminjamkan kain-kain batik Lasem yang mereka punya untuk ditampilkan dalam karnaval ini. Begitu pula dengan para seniman Lasem yang bekerja sama membantu menyukseskan gelaran even ini walau tanpa menerima bayaran sama sekali demi mengangkat potensi kecamatan Lasem yang sangat kuat dan membanggakan ini .

Peserta[sunting | sunting sumber]

Peserta yang berpartisipasi sebagai model, adalah:

  • Pelajar SMA Sederajat Kecamatan Lasem
  • Mahasiswa Kecamatan Lasem
  • masyarakat Umum Kecamatan Lasem

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Ketua Festival Lasem Yon Suprayoga melalui Wakilnya Muhammad Nur Rohman mengatakan bahwa tujuan[2] dari Lasem Batik Carnival ini agar semakin mengangkat potensi Batik Lasem khususnya dan ikut mengangkat nama Lasem dari sisi tradisi dan budayanya.


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]