Lars Vilks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lars Vilks at the site of Nimis in Kullaberg.

Roger Endel Lars Vilks (lahir 20 Juni 1946) adalah seorang seniman / kartunis Swedia. Vilks lahir di Helsingborg, Swedia. Dia mendapat gelar Ph.D. dalam fakultas seni di Universitas Lund pada tahun 1987 dan bekerja di Oslo National Academy of the Arts 1988-1993. Pada tahun 1997 - 2003 dia menjadi ahli dalam teori seni di Bergen National Academy of the Arts. Sebagai ahli teori seni, Vilks adalah pendukung teori institusi seni.

Nimis arx[sunting | sunting sumber]

Vilks menjadi terkenal pada 1980 sebagai pencipta patung kayu dan Nimis arx, yang sekarang terletak di cagar alam Kullaberg, Höganäs, Skåne. Pada tahun 1996, lokasi patung ini diibaratkan oleh Vilks sebagai suatu negara merdeka bernama Ladonia. Nimis dijual kepada Yusuf Beuys sebagai alat untuk menentang peruaturan undang-undang pembangunan Swedia.Patung Nimis kini dimiliki oleh seniman konsep Christo. Ini terdiri dari sepotong kayu tinggi yang dalu merupakan sebagian dari patung.

Karikatur Nabi Muhammad[sunting | sunting sumber]

Dia melukis gambar Nabi Muhammad bertubuh anjing. Gambar tersebut hendak dipamerkan dalam pameran seni pajangan di kota kecil Tällerud, Värmland, Swedia, pada bulan Juli 2007. Surat kabar Nerikes Allehanda begitu berani menyiarkannya dengan alasan kebebasan berpendapat.

Tindakan itu mendapat protes resmi dari Iran, Pakistan, Afghanistan, Mesir dan Yordania serta Organisasi Konferensi Islam (OIC). Al Qaeda Iraq menawarkan $ 150.000 bagi yang dapat membunuh beliau. Gunilla von Bahr,duta Swedia untuk Iran telah dipanggil untuk menerima surat protes dari pemerintah Iran. 60 orang Muslim berdemo di hadapan pejabat surat kabar di Orebro untuk memprotes penyiaran kartun itu.

Pada 9 Maret 2010, tujuh komplotan pembunuh ditangkap di Irlandia. Wanita kulit putih, Colleen R. LaRose dari Philadelphia, Pennsylvania berusaha merekrut pendemo Islam untuk membunuh Vilks.

Perbandingan[sunting | sunting sumber]

Penerbitan 12 kartun Nabi Muhammad di harian terbesar Denmark Jyllands-Posten pada bulan September 2005 menyebabkan demonstrasi massal di seluruh negara Muslim pada bulan Januari dan Februari 2006. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ( (cite news | title = Iran protes atas kartun Nabi Muhammad Sweden | url = http://www.thelocal.se/8305/20070827/ | publisher = Agence France-Presse | date = 2007/08/27 | accessdate = 2007/08/27))

Templat:Kehidupan