Larangan, Brebes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Larangan
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Brebes
Pemerintahan
 • Camat -H. Zakaria
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan -Larangan

Larangan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Larangan merupakan pusat aktivitas masyarakat di bagian selatan Kabupaten Brebes seperti Kalenpandan, Kardoja, Sembung, Pamulian, Poncol, Kedung Bokor dan Karangbale . Kecamatan ini berada di daerah dataran sedang, dan dilalui jalur transportasi utama Cirebon - Purwokerto jalur Alternatif , serta jalur kereta api Jakarta - Cirebon - Purwokerto - Yogyakarta - Surabaya.

Mata Pencaharian[sunting | sunting sumber]

Di Larangan terdapat Pasar Pahing atau yang sering dikenal dengan Paingan . Di Larangan, sebagian besar masyarakat bermata pencaharian Bertani dan Berdagang . Kawasan pertanian Larangan yang membentang cukup luas hingga Kecamatan Larangan ini adalah salah satu penghasil pertanian yang besar di wilayah Brebes, seperti Bawang merah, cabe, Jagung, Tebu dll.


Geografi[sunting | sunting sumber]

Utara Kecamatan Bulakamba, Kecamatan Wanasari
Selatan Kecamatan Bantarkawung
Barat Kecamatan Ketanggungan
Timur Kecamatan Songgom, Kabupaten Tegal


Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Kamal
  2. Karangbale
  3. Kedungbokor
  4. Larangan
  5. Luwunggede
  6. Pamulihan
  7. Rengaspendawa
  8. Siandong
  9. Sitanggal
  10. Slatri
  11. Wlahar

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Larangan memiliki kemiripan dengan bahasa Banyumasan yaitu dalam kosa kata. Namun kebanyakan masyarakat Larangan tidak mau disamakan dengan ngapak, sebab dialeknya berbeda. Bahasa kecamatan Larangan dibagi menjadi 2, yaitu: bahasa jawa ngapak (bagian utara) dan bahasa sunda (bagian selatan). Wilayahnya meliputi : bagian utara Kabupaten Tegal, Kota Tegal, bagian barat Kabupaten Pemalang, dan bagian timur Kabupaten Brebes. Contoh bahasa Larangan : 1. Mamane = Ibu 2. Bapane = Ayah 3. Pan = mau 4. Belih = tidak 5. Panbelih = terserah 6. Temen = saja / sangat 7. Laka = tidak ada 8. Sing = yang 9. Ana = ada Dll.