Landulf VI dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Landulf VI (wafat 27 Nopember 1077) merupakan Pangeran Benevento yang terakhir. Tidak seperti para pendahulunya, ia tidak pernah memiliki kesempatan untuk memerintah sendiri dan independen. Kepangeranan kehilangan kemerdekaannya pada tahun 1051, dimana Landulf hanya menjadi rekan-pemimpin dengan ayahnya, Pandulf III.

Landulf adalah putra sulung Pandulf dan ia pertama kali dibuat sebagai rekan-pangeran pada bulan Agustus atau September 1038. Pada tahun 1041, kemungkinan saudaranya Atenulf yang memimpin pemberontakan karena ia tidak dibuat menjadi rekan-pemimpin juga. Revolusi tersebut gagal dan Atenulf melarikan diri ke Norman, dimana ia terpilih menjadi pemimpin mereka sebagai princeps.

Pada tahun 1047, Henry III, Kaisar Romawi Suci turun tangan untuk mengamankan otoritasnya di Mezzogiorno. Permaisuri Agnes mengunjungi Gargano untuk berziarah dan kembali lewat Benevento, dimana ia diterima, namun suaminya ditolak. Imperator yang ditolak segera mengepung kota tersebut dan Paus Clement II mengucilkan Landulf dan Pandulf beserta rakyatnya. Namun pengepungan itu akhirnya diangkat, ketidak hormatan yang ditunjukkan kepada keluarga kerajaan dan gereja ditambah dengan penurunan kepangeranan menyebabkan paman Landulf, Daufer, melarikan diri dan mengungsi dengan Guaimar IV dari Salerno, yang menampung pemuda yang religius itu di La Cava. Landulf sendiri melakukan perjalanan ke Salerno untuk bertemu dengan Guaimar dan menegosiasikan pengembalian Daufer. Daufer dikembalikan dengan janji bahwa pilihannya dari panggilan monastik akan dihormati.

Urusan-urusan Benevento berakhir pada tahun 1050, ketika Paus Leo IX pergi berziarah ke Gargano dan menegaskan kembali pengucilan pangeran-pangeran tersebut. Rakyat berbalik dan mengusir mereka. Rakyat mengirim duta besar ke paus di Roma menawarkan untuk menaruh kota mereka dibawah pimpinannya. Pada bulan April 1051, Kardinal Humbert dari Silva Candida dan Domenic, Patriarkh dari Grado, memasuki Benevento untuk menerima kota itu atas nama paus. Pada tanggal 5 Juli, paus memasuki kota barunya atas namanya sendiri dan kaisar.

Di dalam pasca Perang Civitate, dimana paus dipenjara di Benevento, kota mengundang Pandulf dan Landulf kembali (pada suatu hari di antara bulan Juni 1053 dan Maret 1054). Mereka kembali pada tahun 1055 dan memerintah sebagai pengikut paus. pada tahun 1056, Landulf melibatkan putranya Pandulf IV. Kemungkinan pada tahun 1059, Pandulf yang lebih tua mengabdikasikan diri ke Biara S. Sofia, meninggalkan Landulf dan Pandulf IV sebagai pangeran-pangeran tunggal.

Landulf hanya muncul di dalam berbagai sumber setelah itu. Pada tahun 1065, ia dinasehati oleh Paus Alexander II "bahwa konversi orang-orang Yahudi tidak dapat diperoleh dengan paksaan."[1] Ia hadir pada tanggal 1 Oktober 1071 di konsekrasi Biara Monte Cassino. Pada bulan Agustus 1073, ia bersumpah setia kepada Paus Gregory VII, maharajanya, dan berjanji untuk menghormati hak-hak rakyat Benevento. Gregory bahkan mulai berada dari waktu ke waktu di dalam istana Landulf di Benevento, yang disebut Amatus lo plus grand palaiz ("istana terbesar"). Landulf tidak muncul lagi di dalam riwayat-riwayat dan, putranya tewas di medan perang pada tahun 1074, pada tanggal 27 November 1077 kekuasaan berada di tangan paus. Dengan kematiannya, kepangeranan kuno Benevento berakhir.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Simonsohn, pp 35–37.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: LXIII Labroca – Laterza. Rome, 2004.
  • Gregorovius, Ferdinand. Rome in the Middle Ages Vol. IV Part 2. trans. Annie Hamilton. 1905.
  • Simonsohn, Shlomo. The Apostolic See and the Jews, Documents: 492-1404.
Didahului oleh:
Pandulf III
Pangeran Benevento
1059–1077
Diteruskan oleh:
Robert Guiscard