Landulf I dari Capua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Landulf I (sekitar tahun 795 – 843), dipanggil yang Kuno, merupakan Gastald dari Capua pertama, yang akan memimpin Capua sampai tahun 1058. Menurut Cronaca della dinastia di Capua, ia memerintah di Capua Kuno selama 25 tahun dan 4 bulan dan di Capua Baru selama tahun lainnya dan 8 bulan. Menurut Erchempert, ia adalah seorang pria "yang sangat suka berperang" (vir bellicosissimus).

Pada tahun 839, menurut Chronica S. Benedicti Casinensis Landulf berinisiatif membebaskan Siconulf yang dipenjara, saudara pangeran Benevento yang dibunuh, Sicard. Ia mendukung Siconulf di dalam perangnya dengan penyerap Radelchis. Siconulf diumumkan sebagai pangeran di Salerno dan Landulf menyerahkan kotanya kepadanya. Ia berperang untuk Sicard melawan Napoli pada masa mudanya, namun ia menyimpulkan sebuah perjanjian damai dengan Neapolitan dengan upaya agar dapat sepenuhnya memasuki perang melawan Radelchis. Radelchis memanggil masuk para tentara bayaran Saracen dan mereka menjarah Capua pada tahun 841. Puing-puing kota tersebut satu-satunya peninggalan dari "Capua Kuno" (lihat Santa Maria Capua Vetere). Landulf mendirikan Capua yang sekarang, "Capua Baru", di atas bukit dekat Triflisco, yang ia bentengi sebagai "Rebelopolis", menurut Chronicon Salernitanum. Sejak saat itu para penulis kronik mengatakan ia memerintah tahun lainnya dan 8 bulan, ia meninggal pada tahun 843. Tampaknya pada akhir hidupnya, ia menyandang gelar pangeran.

Ia meninggalkan 4 orang putra yang menjadi tokoh penting pada dekade selanjutnya di Mezzogiorno: Lando, yang menjadi pewarisnya; Pando, yang menjadi marepaphias di Salerno dan kemudian pangeran Capua; Landenulf, pangeran pertama Teano; dan Landulf, yang kemudian menjadi uskup dan pangeran Capua.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
none
Gastald dari Capua
815–843
Diteruskan oleh:
Lando I