Landulf I dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Landulf I (wafat 10 April 943), kadang dipanggil Antipater,[1] merupakan seorang bangsawan dan Pangeran Benevento dan Capua (sebagai Landulf III) dari tanggal 12 Januari 901, ketika ayahnya, Atenulf I, pangeran Capua dan menguasai Benevento, menjadi rekan-pemimpin. Ibunya adalah Sichelgaita dari Gaeta.

Pada tahun 909, ia pergi ke Konstantinopel untuk menerima gelar-gelar anthypatos dan Patricius (Romawi Kuno). Saudaranya Atenulf II tinggal di belakang di Italia dan menerima seperti penobatan. Pada bulan Juni 910, ayahnya meninggal dan ia menjadi pangeran tunggal. Tak lama kemudian, ia menempatkan saudaranya sebagai rekan-pangeran.

Pada tanggal 2 Juli 911, Landulf menandatangani sebuah perjanjian dengan Adipati Gregory IV dari Napoli, bagian dari kebijakan aliansi dan persahabatannya dengan sesama pemimpin Kristen Mezzogiorno. Ia juga meneruskan sebuah kebijakan aliansi dengan Bizantium, namun tidak pernah takluk. Ia tidak pernah menyerah sebagai pengikut kaisar di Konstantinopel. Pada tahun 914, ia berhasil memiliki sebuah biara yang besar di Monte Cassino yang dipindahkan dari Teano ke Capua, ia dan Atenulf menunjuk John sebagai kepala biara. Tahun berikutnya (915), mereka mengirim John sebagai duta besar ke Konstantinopel untuk memperbaharui ikatan-ikatan kesetiaan.

Pada musim panas tahun 915, pasukan Bizantium yang baru strategos dari Bari, Nicolaus Picingli, bergabung dengan para pangeran Italia selatan: John I dan Docibilis II dari Gaeta, Gregory IV dan John II dari Napoli, dan Guaimar II dari Salerno. Melalui sebuah pernikahan diplomatik, Landulf berhasil bersekutu dengan para pemimpin tersebut: ia menikahi Gemma, putri Athanasius dari Napoli, dan putri Atenulf Gaitelgrima menikah dengan Guaimar II. Putranya sendiri, Atenulf III, menikahi Rotilda, putri Guaimar. Pasukan Greco-Lombardia menggabungkan kekuatan dengan pasukan utara Paus John X dan Alberic I dari Spoleto dan menaklukkan Saracen di Perang Garigliano. Menurut Liudprand dari Cremona, Landulf, seorang "pangeran yang kuat", di dalam menjawab permintaan saran dari paus, memprakarsai aliansi yang membawa dan mengakhiri Saracen pada Garigliano. Ia merendahkan peran koordinasi John X yang mendukung bahwa Landulf digambarkan sebagai seorang tokoh militer cerdas.

Pada 921, ia mendukung pemberontakan anti-Yunani Apulia, menjarah sampai ke Ascoli. Namun ia terpaksa mengirim putra keduanya, Landulf II ke Konstantinopel sebagai sandera. Pada tahun 923 atau 926, di dalam sebuah perjanjian dengan Guaimar, mereka bersama-sama akan menyerang Bizantium, Landulf mengambil Apulia dan Guaimar, Campania. Landulf sebagian besar tidak berhasil, meskipun Guaimar tidak begitu. Pada tahun 929, dengan Atenulf II, Guaimar II, dan Theobald dari Spoleto, ia menyerbu Apulia dan Calabria lagi. Kali ini, semuanya tidak berhasil dan Theobald melukai aliansi lama.

Pada tahun 933, Landulf mengaitkan Atenulf anaknya dengan dirinya sendiri dan saudaranya di dalam pemerintahan. Pada tahun 934, Guaimar dibujuk untuk menghentikan aliansi oleh Cosmas pengikut Bizantium di Tesalonika. Pada tahun 935, Raja Hugh dari Italia memberi dukungan kepada Yunani. Dalam beberapa tahun, kesuksesan Landulf pada kebijakan anti-Bizantium terbalik dan dia dipaksa untuk berdamai, namun bentrokan berlanjut: di Siponto pada tahun 936 dan di Matera pada tahun 940. Pada tahun 939, saudara Landulf Atenulf meninggal dan putra sulung Atenulf, Landulf dari Conza menggantikannya, namun ia diasingkan tak lama kemudian ke Napoli oleh pamannya. Ia meninggal empat tahun kemudian pada tanggal 10 April.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani, LXIII: Labroca – Laterza. Rome, 2004.
  • Liudprand of Cremona. The Complete Works of Liudprand of Cremona, Paolo Squatriti, ed. and trans. Washington, D.C.: Catholic University of America Press, 2007.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Antipater seems to derive from his Greek title anthypatos.
Didahului oleh:
Atenulf I
Pangeran Capua
910–943
Diteruskan oleh:
Landulf II
Pangeran Benevento
910–943