Landulf IV dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Landulf IV (wafat 13 Juli 982) merupakan seorang Pangeran Capua (sebagai Landulf VI) dan Pangeran Benevento dari tahun 968, ketika ia dilibatkan dengan ayahnya, Pandulf yang Berkepala Besi, dan Pangeran Salerno dilibatkan oleh ayahnya dari tahun 977 atau 978. Pada tahun 968, pamannya Landulf III meninggal dan hal ini memberinya kesempatan berkuasa, Pandulf tidak memperdulikan hak-hak putra Landulf Pandulf, keponakannya, dan malah melibatkan putranya sendiri dengan pemerintahan.

Pada tahun 969, yang Berkepala Besi ditangkap di dalam Perang Bovino. Strategos dari Bari, Eugenius, merebut kota Avellino dan mengepung Capua, kemudian Benevento. Ibu Landulf, Aloara dari Capua dan Landulf I, Uskup Agung Benevento, mengambil alih pemerintahan dengan namanya, untuk membela kota tersebut dari Bizantium. Pada tahun 977, setelah pembebasan yang Berkepala Besi, ia ikut ayahnya ke dalam ekspedisi membela Monte Cassino melawan Pangeran Bernard dari Alife.

Setelah kematian Pandulf pada bulan Maret 981, kepangeranan Lombardia dibagi menjadi: Landulf, putra sulung, menerima Capua-Benevento dan Spoleto, dan Pandulf, putra kedua, menerima Salerno. Namun, Kaisar Otto II, yang berada di Mezzogiorno pada saat itu, memerangi suku Saracen, yang direbut Landulf Wilayah Adipati Spoleto dan memberinya kepada Thrasimund, adipati Camerino dan Pangeran Penne. Tak lama setelah itu, Landulf dipaksa juga untuk mengakui divisi Capua-Benevento, dipersatukan sejak tahun 899. Sepupunya, yang tersebut dirampas Pandulf, sebagai pangeran Benevento, mungkin sebagai bawahan. Setelah itu, Landulf hanya sebagai pangeran Capua, dimana kapasitas yang ia dukung reformasi Cluniac dan mendirikan Gereja San Croce di Caiazzo. Ia bergabung dengan saudaranya yang digulingkan Pandulf di Calabria, dimana mereka memerangi suku Saracen dengan Otto. Mereka tewas di dalam medan Perang Stilo pada tanggal 13 Juli. Ia digantikan oleh adiknya Landenulf, yang berada dibawah perwalian Aloara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: LXIII Labroca – Laterza. Rome, 2004.


Didahului oleh:
Pandulf I
Pangeran Capua
981–982
Diteruskan oleh:
Landenulf II
Pangeran Benevento
981
Diteruskan oleh:
Pandulf II
Adipati Spoleto
981
Diteruskan oleh:
Thrasimund IV