Landulf II dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Landulf II (wafat tahun 961), dipanggil yang Merah, merupakan seorang Pangeran Benevento dan Pangeran Capua (sebagai Landulf IV) dari tahun 939 atau 940, ketika ayahnya Landulf I pertama kali melibatkannya dengan pemerintahan, ibunya adalah Gemma, putri Athanasius dari Napoli. Ia mungkin telah dilibatkan dari awal tahun 933, dan kakandanya, Atenulf III, dibuat menjadi rekan-wali. Pamannya Atenful II wafat pada tahun 940 dan sepertinya bahwa Landulf bekerja sebagai pengganti.

Apapun kasusnya, ketika Landulf yang lebih tua wafat pada tahun 10 April 943, Landulf menyingkirkan kakandanya Atenulf ke Benevento dan pamannya putra Atenulf Landulf ke Capua. Cemas akan ancaman jiwa mereka, keduanya melarikan diri ke Guaimar II dari Salerno dan Landulf yang Merah menjadi pangeran tunggal. Tindakan pertamanya adalah melanjutkan kebijakan keluarga melibatkan putra-putra yang lebih muda sebagai rekan-pangeran di dalam pemerintahan. Ia membuat putra sulungnya Pandulf rekan-pangeran. Selain itu, Landulf membuat upaya kecil untuk melanjutkan kebijakan keluarga aliansi dengan sesama Lombardia dan pengenduran dengan Bizantium. Ia menjarakkan dirinya sendiri dari Konstantinopel, dan berusaha menghindari perang terbuka, dan mengupayakan beberapa cara menyatukan Lombardia Kepangeranan Salerno dengan mempersatukan Capua-Benevento.

Pada tahun 946, ia bersekutu dengan John III dari Napoli untuk mengusir Gisulf I dari Salerno, putra Guaimar. Ia disergap di jalan bebas La Cava oleh Mastalo I dari Amalfi dan penggulingan itu gagal. Ia memecahkan aliansinya dengan Napoli tak lama kemudian dan bersekutu dengan Gisulf untuk mengepung Neapolitan Nola. Pada tahun 950, ia dipanggil untuk membantu Aligerno, kepala biara Monte Cassino. Keturunannya terbukti menjadi penganiaya yang terburuk di biara besar tersebut. Ia mengganti kegagalan Salerno dan Neapolitan dengan keberhasilan kampanye melawan gastald di Aquino, Atenulf Megalu, yang ia buang kepengasingan ke Docibilis II dari Gaeta.

Pada tahun 955, Landulf mengalami kegagalan besar dengan mendukung pemberontakan Apulia melawan otoritas Yunani. Ia dipaksa untuk mengakui supremasi Bizantium. Sisa dari masa pemerintahannya tidak terjadi banyak peristiwa, ia gagal di dalam dua ambisinya yang besar: menaklukkan Salerno dan menentang Bizantium. Ia melibatkan putra keduanya, Landulf dengannya pada tahun 959 dan meninggal pada tahun 961.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: LXIII Labroca – Laterza. Rome, 2004.


Didahului oleh:
Landulf I dan Atenulf I
Pangeran Benevento dan Capua
940–961
rekan-pemimpin bersama dengan Landulf I dan Atenulf III pada tahun 940–943
Diteruskan oleh:
Pandulf I dan Landulf III