Landolfo III dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Landulf III (wafat Desember 968 atau 969) merupakan seorang Pangeran Capua (sebagai Landulf V) dan Pangeran Benevento dari tahun 959 sebagai rekan-pangeran dengan ayahnya, Landulf II dan saudaranya Pandulf yang Berkepala Besi, dan dari tahun 961 hanya dengan saudaranya. Ibunya adalah Yvantia.

Pada tahun 961, Landulf II meninggal dan Landulf dan saudaranya menjadi pangeran-pangeran tunggal, meskipun Pandulf yang lebih tua lebih dominan. Namun Chronicum Salernitanum menegaskan rekan-wali, dan prinsip tak terpisahkan dari penyatuan Capua-Benevento seperti yang diumumkan oleh Atenulf I pada tahun 900, ketika dikatakan Beneventanorum principatum eius filii Pandolfum et Landulfum bifarie regebant . . .communi indivisoque iure, bahwa "Kepangeranan Benevento diperintah bersama oleh Pandulf dan Landulf dibawah yuridiksi umum yang tak terpisahkan." Namun sistem ini akhirnya hancur dan Pandulf memerintah di Capua dan Landulf memerintah di Benevento.

Pada tahun 967, Kaisar Otto I turun ke Roma dan menyerang Pandulf dengan melancarkan perang melawan Kekaisaran Romawi Timur di Apulia. Landulf ambil bagian di dalam kampanye berikut pada tahun 968, tetapi ia mengundurkan diri karena sakit dan meninggal di Benevento. Ia meninggalkan 2 orang putra: Pandulf dan Landulf. Chronicum mengatakan Landulf tenuit principatum una cum suo germanus annos octo, yang berarti, "memerintah kepangeranan tunggal dengan saudaranya selama 8 tahun." Namun Pandulf menipu para keponakannya atas warisan mereka, dan membuat dirinya sendiri menjadi pangeran tunggal. Baik putra-putra Landulf nantinya akan menjadi pangeran-pangeran Benevento.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: LXIII Labroca – Laterza. Rome, 2004.
Didahului oleh:
Landulf II
Pangeran Capua
959 – 968
Diteruskan oleh:
Landulf IV
Pangeran Benevento
959 – 968