Lander (pesawat luar angkasa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Apollo 16 LM.jpg
The Mars Exploration Rover spacecraft.jpg

Lander (pesawat luar angkasa) adalah sebuah pesawat ruang angkasa yang turun menuju dan datang untuk beristirahat di permukaan badan objek astronomi. Untuk tubuh dengan atmosfer, pendaratan terjadi setelah masuk atmosfer (atau kurang tepat untuk planet lain, masuk kembali atmosfer, atmospheric reentry) dan pendarat yang pertama masuk kembali kendaraan. Dalam kasus ini pendarat dapat menggunakan parasut untuk memperlambat dan untuk mempertahankan kecepatan terminal rendah. Kadang-kadang roket mendarat kecil dinyalakan sebelum dampak untuk mengurangi dampak kecepatan. Misi Mars Pathfinder juga menggunakan airbag tiup untuk meredam dampak pendarat itu. Ketika dampak kecepatan tinggi direncanakan, pesawat ruang angkasa disebut impactor.

Beberapa objek terestrial telah menjadi subyek eksplorasi lander dan / atau impactor: antaranya planet Mars dan Venus dan bulan Saturnus Titan.

Pesawat ruang angkasa jenis lander kadang kadang tiba di permukaan planet bersama dengan Rover.

Impactors[sunting | sunting sumber]

The collision of comet 9P/Tempel and the Deep Impact probe

Mars Deep Space 2[sunting | sunting sumber]

Impactor penyelidikan Deep Space 2 adalah menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang menembus di bawah permukaan planet lain. Namun misi tersebut gagal dengan hilangnya kapal induknya, Mars Polar Lander setelah komunikasi hilang setelah masuk ke atmosfer Mars pada tanggal 3 Desember 1999.

Deep Impact[sunting | sunting sumber]

Comet Tempel 1 dikunjungi oleh NASA Deep Impact Probe pada tanggal 4 Juli 2005. Dampak kawah yang terbentuk adalah sekitar 200 m dan lebar 30-50 m dalam, dan mendeteksi keberadaan silikat, karbonat, smectite, karbon amorf dan hidrokarbon aromatik polisiklik.

Referensi[sunting | sunting sumber]