Lambang Wrocław

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang kota Wrocław di depan gedung Arsenal

Lambang kota Wrocław sudah dipakai semenjak tahun 1530. Meskipun kota ini semenjak tahun tersebut dikuasai oleh berbeda-beda bangsa, namun lambangnya tetap saja sama. Hanya antara tahun 1938 dan 1990, lambangnya berbeda. Antara tahun 1938 - 1945 lambang kota ini diubah oleh para penguasa Nazi. Kemudian setelah Perang Dunia II usai, kota ini diserahkan kepada Republik Rakyat Polandia dan pemerintah komunis menggunakan lambang baru sampai tahun 1990. Pada tahun ini lambang asli yang berasal dari tahun 1530 dipakai kembali.

Lambang tahun 1530[sunting | sunting sumber]

1530-1938
1990

Lambang yang dirancang pada tahun 1530 ini berupa perisai yang dibagi menjadi empat. Pada bagian kanan atas ada gambar elang Silesia yang berasal dari simbol dinasti Piast Silesia. Elang ini warnanya hitam dan di tengahnya ada sebuah bulan sabit dengan hiasan salib kecil. Lalu pada bagian kiri atas ada gambar seekor Singa Kerajaan Bohemia (Ceko), karena kota Wrocław sejak tahun 1336 dikuasai Bohemia. Lalu di tengahnya ada sebuah lingkaran yang di dalamnya ada gambar kepala Santo Yohanes Pembaptis yang melambangkan santo pelindung kota ini. Lalu di bagian kiri bawah ada tulisan huruf W yang melambangkan nama Wrocław dalam bahasa Latin Wratislavia dan nama Wrocislaw, yang menurut legenda adalah pendiri kota ini. Lalu di bagian kanan bawah ada gambar Santo Yohanes sang Penginjil.

Lambang iki sudah dipakai sejak tanggal 12 Februari 1530 dan penggunaannya ditetapkan oleh Kaisar Quintus pada tanggal 10 Juli.

Lambang kota antara tahun 1938-1945[sunting | sunting sumber]

Lambang Breslau Nazi

Kota Wrocław memiliki sejarah yang bergejolak dan pernah dikuasai berbagai bangsa yang berbeda-beda. Kota ini pernah dikuasai oleh Austria, lalu Prusia dan Jerman. Namanya dalam bahasa Jerman adalah Breslau. Pada tahun 1933 kaum Nazi berkuasa di Jerman. Pada Ing 19 Oktober 1938 sang Gauleiter Silesia[1], Josef Wagner memberi perintah mengganti lambang ini karena dia kurang suka dengan lambang kota ini. Terutama yang tidak disukainya ialah huruf W yang ada pada lambang ini. Dianggapnya huruf W ini terlalu khas Slavia sekali karena merupakan singkatan dari nama Wratysław, raja Ceko yang mendirikan kota ini. Pencipta lambang baru adalah seorang guru dari Berlin; Schweitzer-Mjoelnir. Lambangnya diubah supaya lebih 'khas Jerman' dan menghilangkan simbol-simbol Kristen. Lambang yang baru berupa perisai yang dibagi menjadi dua bagian; paruh atas dan bawah. Bagian atas ada gambar elang Silesia hitam dengan bulan sabit tanpa salib. Sedangkan bagian bawah ada gambar palang besi Jerman (das Eiserne Kreuz) dengan huruf FW dan tahun 1813. Huruf ini adalah singkatan dari nama raja Prusia, Friedrich Wilhelm III yang merintis medali palang besi Jerman ini setelah menang perang melawan Kaisar Napoleon Bonaparte.

Lambang Wrocław pada zaman komunis[sunting | sunting sumber]

Lambang pada zaman komunis

Kota Wrocław ditaklukkan oleh Tentara Merah Uni Soviet pada tahun 1945 dan lalu diserahkan kepada Republik Rakyat Polandia. Pemerintahan komunis lalu mengubah lambang ini dan memakai lambang baru yang dirancang oleh Karol Maleczyński. Lambang baru ini berupa perisai yang dibagi memanjang dari atas ke bawah menjadi bagian kiri dan kanan. Pada paruh kiri ada gambar elang, lambang Polandia sedangkan pada pada paruh kanan ada gambar elang, lambang Silesia tanpa salib.

Pasca pemerintahan komunis[sunting | sunting sumber]

Pada 19 Juni 1990, setelah pemerintahan komunis lengser, lambang kota ini yang berasal dari tahun 1530 dipakai kembali.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gau adalah provinsi. Lalu Gauleiter artinya adalah pemimpin Gau atau Gubernur.